PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Fidia Azziati Balqis, NIM.: 18104020009 (2022) PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL SNOWBALL THROWING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS III SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
18104020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang kurang menguasai kosakata bahasa Arab dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran dengan model ceramah, untuk itu perlu adanya inovasi dalam model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab kelas III dengan menggunakan model snowball throwing dan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quaisi eksperiment (eksperimen semu) dengan rancangan control group pre-test pos-test design. Populasi subjek penelitian ini seluruh siswa kelas III SDIT Salsabila 3 Banguntapan dengan sampel siswa kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Uji hipotesis data penelitian ini menggunakan uji paired sample t test. Pada penerapkan model snowball throwing di kelas III diawali dengan pretest kemudian dilakukan proses pembelajaran yang aktif dengan membentuk beberapa kelompok dan menunjuk satu siswa pada masing-masing kelompok untuk menjadi ketua kelompok. Setelah itu permainan dengan melempar bola pertanyaan kosakata oleh masing-masing kelompok secara bergantian. Penelitian ini diakhiri dengan posttest untuk melakukan pengujian data. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan mendapat nilai sebesar 0,000 < 0,05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan antara hasil pretest dan posttest siswa setelah diberikan perlakuan/treatment dengan model snowball throwing terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdung, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kecerdasan; model snowball throwing; kosakata; pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:33
Last Modified: 16 Feb 2023 08:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum