PENGARUH KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falahiyyah dan Madrasah Aliyah Nur Iman Sleman)

Toha Harun Al Rasid, NIM.: 18104020026 (2022) PENGARUH KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falahiyyah dan Madrasah Aliyah Nur Iman Sleman). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falahiyyah dan Madrasah Aliyah Nur Iman Sleman))
18104020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Falahiyyah dan Madrasah Aliyah Nur Iman Sleman))
18104020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Arab di Madrasah pada masa Pandemi Covid-19, seberapa besar pengaruh kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar bahasa Arab di Madrasah, dan faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan hasil belajar bahasa Arab di Madrasah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini berjumlah 29 orang, sehingga digunakan sensus. Dimana 21 orang merupakan siswa madrasah yang menjadi santri di Pesantren Al-Falahiyyah, yang akan menjadi responden utama. Dan 8 orang lainnya merupakan siswa madrasah yang non-santri, yang akan menjadi pembanding dari peningkatan hasil belajar siswa yang menjadi santri. Dan variabel independen, yakni pengaruh kurikulum pesantren diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Sedangkan variabel dependen, yakni peningkatan nilai bahasa Arab itu terbagi dua lingkup hasil belajar, yakni nilai pengetahuan dan nilai keterampilan diperoleh dari dokumen hasil belajar di Madrasah. Kemudian untuk penghitungan statistik dalam penelitian ini, yakni analisis regresi linier sederhana dihitung dengan menggunakan bantuan Aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukan nilai signifikasi pada peningkatan nilai pengetahuan itu sebesar 0,963 dengan konstanta sebesar 7,039 dan koefisien regresi sebesar 0,004 yang berarti setiap penambahan 1% nilai pengaruh dari variabel independen maka pengaruh terhadap variabel dependen akan bertambah sebesar 0,004. Adapun nilai signifikasi pada peningkatan nilai keterampilan itu sebesar 0,991 dengan konstanta sebesar 10,006 dan koefisien regresi sebesar 0,001 yang berarti setiap penambahan 1% nilai pengaruh dari variabel independen maka pengaruh terhadap variabel dependen akan bertambah sebesar 0,001. Dan hasil penghitungan statistik ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh dari kurikulum pesantren terhadap peningkatan hasil belajar di Madrasah, baik nilai pengetahuan maupun nilai keterampilan. Meskipun tidak ada pengaruh, namun karena koefisien regresi menunjukan angka positif, maka arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen merupakan arah yang positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. R. Umi Baroroh, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: kurikulum pesantren; hasil belajar; Bahasa Arab; nilai pengetahuan; nilai keterampilan
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 09:35
Last Modified: 16 Feb 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum