ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI UNTUK KELAS V SDIT AL-AZHAR TAHUN 2021 (Analisis Kelayakan Buku Ditinjau dari Aspek Seleksi dan Repetisi)

Dini Nurfauziah, NIM.: 18104020034 (2022) ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI UNTUK KELAS V SDIT AL-AZHAR TAHUN 2021 (Analisis Kelayakan Buku Ditinjau dari Aspek Seleksi dan Repetisi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI UNTUK KELAS V SDIT AL-AZHAR TAHUN 2021 (Analisis Kelayakan Buku Ditinjau dari Aspek Seleksi dan Repetisi))
18104020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU “CINTA BERBAHASA ARAB” KARYA HASIMI UNTUK KELAS V SDIT AL-AZHAR TAHUN 2021 (Analisis Kelayakan Buku Ditinjau dari Aspek Seleksi dan Repetisi))
18104020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa buku ajar sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar siswa. Buku harus ditulis dengan baik dan sesuai dengan kurikulum yang ditentukan. Peneliti meneliti buku “Cinta Berbahasa Arab” karya Hasimi untuk kelas V Sekolah Dasar. Hal ini dikarenakan buku tersebut ditulis berdasarkan kurikulum Sekolah Islam Terpadu dan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Selain itu, melihat ada beberapa ketidaklengkapan mahārah dan sajian mufradāt khusus pada setiap babnya serta beberapa latihan yang dirasa cukup sulit untuk siswa kelas V. Atas dasar itu, peneliti merasa buku ini perlu dianalisis kelayakannya dari segi materi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan buku dari segi materi ditinjau dari aspek seleksi dan aspek repetisi. Penelitian ini menggunakan teori Mackey pada aspek seleksi dan aspek repetisi dalam menganalisis buku. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan penilaian rating scale dengan rentang skor 1 – 4 untuk menentukan nilai kelayakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini dinilai sangat layak dari aspek seleksi dengan nilai persentase 87.5%, ditinjau dari tingkat kemampuan siswa dan alokasi waktu belajar. Sedangkan untuk tujuan belajar kelayakan buku belum sepenuhnya memenuhi kriteria teori Mackey, karena materinya tidak memuat empat kemahiran berbahasa pada setiap babnya. Dari aspek repetisi buku dinilai layak dengan nilai persentase 80%, karena menunjukkan adanya pengulangan/latihan yang memuat empat kemahiran berbahasa; istimā’, kalām, qira’āh dan kitābah. Selain itu buku ini menyediakan latihan di setiap akhir bab dan juga setiap akhir semester. Total persentase nilai kelayakan buku pada aspek seleksi dan repetisi adalah 84% yang masuk pada kategori layak. Hal ini menunjukkan bahwa buku tersebut layak digunakan sebagai buku ajar bahasa Arab untuk kelas V SDIT/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nisa Syuhda, S.S., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: buku ajar; Bahasa Arab; Teori Mackey
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Resensi Buku
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 11:55
Last Modified: 16 Feb 2023 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum