PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Asa Nabila Himawati, NIM.: 18104020038 (2022) PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN BAHASA ARAB KELAS V MI MA’ARIF GONDOSULI MUNTILAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan penilaian yang dilaksankan secara daring pada mata pelajaran bahasa Arab kelas 5 di MI Ma‟arif Gondosuli Muntilan Magelang, apa saja kendala yang dihadapi guru saat melaksanakan penilaian mata pelajaran bahasa Arab secara daring dan bagaimana solusi guru untuk menanggulangi kendala-kendala yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari siswa kelas 5, guru bahasa Arab, dan Kepala Sekolah. Hasil penelitian menunjukkan penilaian hasil pembelajaran daring mata pelajaran bahasa Arab dirasa guru kurang maksimal dalam pelaksanannya, Masih terdapat beberapa kendala yang dialami guru saat pelaksanaan penilaian. Penilaian mata pelajaran bahasa Arab yaitu terdapat penilaian afektif, kognitif, dan psikomotorik. Guru menyelesaikan satu bab materi dengan empat pertemuan, setiap pertemuan guru mendalami pada satu keterampilan, empat keterampilan tersebut yaitu; keterampilan mendengar (maharah istima), keterampilan membaca (maharah qiraah), keterampilan berbicara (maharah kalam), dan keterampilan menulis (maharah kitabah). Beberapa kendala yang dialami guru saat melaksanakan penilaian secara daring yaitu jam belajar siswa tidak terkontrol, siswa kurang fokus pada pembelajaran, dan siswa kurang memperhatikan tugas yang diberikan guru. Ada beberapa solusi yang dilakukan guru untuk menaggulanginya, diantaranya yaitu melakukan absensi tugas di grup WhatsApp, memberikan batasan waktu pengumpulan tugas, dan pemanggilan siswa secara pribadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: penilaian; pembelajaran daring: Pelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 12:56
Last Modified: 16 Feb 2023 12:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56340

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum