EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) MAN 1 TEGAL

Nur Baety Habibah Jannah, NIM.: 18104020042 (2022) EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) MAN 1 TEGAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) MAN 1 TEGAL)
18104020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) MAN 1 TEGAL)
18104020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mempunyai dua tujuan: untuk mengetahui proses pembelajaran keterampilan qira’ah dengan metode Kooperaif Tipe Group Investigation dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara sebelum menggunakan metode Kooperaif Tipe Group Investigation dalam meningkatkan keterampilan qira’ah dengan sesudah menggunakan metode Kooperaif Tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 4 MAN 1 Tegal yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pre-test dan soal post-test, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menggambarkan data dan statistik inferensial untuk uji hipotesis adalah uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan (1) implementasi pembelajaran bahasa Arab maharah qira’ah dengan metode group investigation kelas X IPS 4 MAN 1 Tegal melalui tahapan berikut, yaitu: memahami dan menerjemahkan teks bacaan, pengulangan materi setiap pertemuan, mengetahui arti kosakata, sekaligus pembacaan teks bacaan. Sehingga siswa mendapatkan tambahnya kerjasama dan perbendaharaan kosakata yang menjadikan siswa lebih memahami isi bacaan teks bahasa Arab. (2) efektivitas metode group investigation terhadap keterampilan maharah qira’ah kelas X IPS 4 MAN 1 Tegal menunjukan hasil dari keterampilan membaca (maharah qira’ah) sebelum menggunakan metode kooperatif tipe group investigation (pretest) dihasilkan presentase 53% dalam kategori rendah, 40% kategori sangat rendah, 2% kategori sedang dan 0% pada kategori tinggi dan sangat tinggi dengan nilai rata-rata 51,5 dan hasil dari keterampilan membaca (maharah qira’ah) setelah menggunakan metode kooperatif tipe group investigation (posttest) dihasilkan presentase 53% berada dalam kategori tinggi, 47% barada kategori sangat tinggi, dan 0% pada kategori sedang, rendah dan sangat rendah dengan kisaran nilai rata-rata 80,5. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil keterampilan membaca siswa dengan metode kooperatif tipe group investigation lebih tinggi daripada hasil keterampilan membaca tidak dengan metode kooperatif tipe group investigation dengan hasil yang diperoleh thitung > ttabel (40,845 > 1,67).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Agung Setiyawan, S.Pd.I., M.Pd,I.,
Uncontrolled Keywords: metode koopeatif; group investigation; Model pembelajaran kooperatif; maharah qira’ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Feb 2023 13:04
Last Modified: 16 Feb 2023 13:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum