PENGGUNAAN MEDIA CIRCULAR CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS V SDIT KHOIRU UMMAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022

Zulfa Nur Rofi’ah Az Zahroh, NIM.: 18104020067 (2022) PENGGUNAAN MEDIA CIRCULAR CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS V SDIT KHOIRU UMMAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA CIRCULAR CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS V SDIT KHOIRU UMMAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA CIRCULAR CARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB KELAS V SDIT KHOIRU UMMAH SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022)
18104020067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dan ke kreatifitasan dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik terutama dalam mata pelajaran Bahasa Arab, serta model pembelajaran yang monoton atau kurang bervariasi sehingga mengakibatkan ketidakpahaman peserta didik dalam memahami materi pembelajaran Bahasa Arab. Pada penelitian ini peneliti menggunakan media pembelajaran circular card dengan menggunakan desain penelitian pre-test dan post-test. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas V di SDIT Khoiru Ummah Sleman Yogyakarta. Kelas V merupakan kelas kontrol karena mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan media konvensional sekaligus sebagai kelas eksperimen karena pada kelas ini juga akan dilakukan proses pembelajaran menggunakan media circular card. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap kelas control dan kelas eksperimen didapatkan hasil sebagai berikut : 1) Pelaksanaan media circular card dalam pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Khoiru Ummah Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2021/ 2022 dilaksanakan dengan beberapa sesi pertemuan yaitu pre-test, kegiatan inti pembelajaran menggunakan media circular card, dan post-test. 2) Penerapan media circular card ini dapat meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Arab peserta didik kelas V di SDIT Khoiru Ummah Sleman Yogyakarta secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: media; circular card; mufrodat; Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 08:53
Last Modified: 17 Feb 2023 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56362

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum