PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA

Nadia Safirawati Adila., NIM.: 18104030045 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA)
18104030045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI TK NABILA KELOMPOK B YOGYAKARTA)
18104030045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya perkembangan kognitif anak usia dini, tapi dalam praktiknya seringkali perkembangan kognitif kurang optimal seperti yang terjadi di TK Nabila sebagian anak perkembangan kognitif masih kurang, salah satu faktor yang mempengaruhi media pembelajaran masih sederhana yang membuat anak menjadi kurang semangat. Maka peneliti membuat media pembelajaran yang berupa busy book atau buku dari kain flanel untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak. karena perkembangan kognitif sangat berperan penting untuk kehidupan selanjutnya. Untuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model penelitian dari Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket yang disebarkan kepada ahli media, ahli materi, dan guru. Setelah divalidasi produk busy book ini diuji cobakan kepada anak di TK Nabila Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, hasil validitas media busy book ini dinyatakan valid dengan persentase dari ahli materi adalah 80% dengan kriteria valid, persentase dari ahli media adalah 80%. Hail kepraktisan media busy book ini dinyatakan sangat valid dengan persentase 95%. Media busy book ini dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan sebelum menggunakan media busy book didapat hasil persentase perkembangan kognitif pada pre-test anak adalah 63,5% dan setelah menggunakan media pembelajaran busy book didapat persentase sebesar 83,54%. Dengan menggunakan busy book anak jadi tertarik dalam pembelajaran pada tema alam semesta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbimg: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: usia dini; media pembelajaran; perkembangan kognitif; busy book
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 10:32
Last Modified: 17 Feb 2023 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56385

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum