IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI JURUGENTONG

Niken Safifah Erliana, NIM.: 18104080018 (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI JURUGENTONG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI JURUGENTONG)
18104080018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS MULTIKULTURAL DENGAN PENDEKATAN NILAI-NILAI LIVING VALUES EDUCATION DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI JURUGENTONG)
18104080018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan proses belajar yang tidak hanya menjadikan transfer of knowlage saja, melainkan juga transfer of value. Pada saat ini proses belajar mengajar dilakukan dengan cara blanded learning atau dilakukan dengan tatap muka maupun secara online. Dengan perkembangan zaman, terdapat beberapa penurunan dari proses belajar, yaitu trurunnya moral para peserta didik yang ditandai dengan kurangnya budi pekerti yang ada dalam jiwa peserta didik. Karena itu, dibutuhkan program pendidikan karakter dengan pendekatan nilai-nilai living values education agar mampu mengatasi hal tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah karena terdapat penurunan karakter peserta didik karena perkembangan zaman. Kemudian tentang upaya yang dilakukan pihak sekolah kepada peserta didik untuk mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis multikultural dengan pendekatan nilai-nilai living values education dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Jurugentong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan kepala sekolah, guru kelas V, dan peserta didik kelas V SD Negeri Jurugentong dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan datanya. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter pada peserta didik kelas V SD Negeri Jurugentong. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan mengambil keputusan yang telah dikaitkan dengan teori. Hasil penelitian dari kegiatan implementasi pendidikan karakter berbasis multikultural yang dilakukan dengan pendekatan nilai-nilai living values education dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD Negeri Jurugentong menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter berbasis multikultural berjalan dengan baik dengan beberapa kendala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah dan guru mengimplementasikan pendidikan karakter dengan banyak memberikan contoh nyata kepada peserta didik yang kemudian peserta didik tirukan dalam kehidupan sehari-hari seperti cara menghormati teman sejawat yang sedang melakukan ibadah di sekolah walaupun berbeda agama dan suku. Salah satunya adalah ketika berdoa saat akan memulai pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Inggit Dyaning Wijayanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pendidikan kewarganegaraan; pendidikan karakter; multikultural; living values education
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 11:36
Last Modified: 17 Feb 2023 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum