KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR

Della Alvionita Santoso, NIM.: 18104080027 (2022) KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR)
18104080027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR DAN BIMBINGAN BELAJAR)
18104080027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibagi menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu motivasi belajar, sedangkan faktor eksternal yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa salah satunya yaitu bimbingan belajar. Semakin tepat motivasi belajar yang diberikan atau ditanamkan kepada siswa, maka hal tersebut dapat menentukan intensitas usaha belajar bagi siswa. Dan dengan siswa mengikuti bimbingan belajar, maka siswa akan terbantu untuk memecahkan berbagai macam masalah mengenai tugas atau materi yang diberikan dari sekolah, dan siswa mampu melakukan perbaikan dalam berbagai hal dengan semaksimal mungkin. Pada dasarnya bimbingan belajar merupakan solusi orang tua siswa untuk meningkatkan hasil belajar putra dan putrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif komparasi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga variabel diantaranya adalah hasil belajar matematika siswa, motivasi belajar, dan bimbingan belajar. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Gondang 1 dan SD Muhammadiyah Plus Gondang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes hasil belajar matematika siswa, dan wawancara wali kelas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Uji Chi Square dan Uji T untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Hasil analisis hipotesis menggunakan uji Chi Square menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar. Sedangkan berdasarkan hasil analisis hipotesis menggunakan Uji T menunjukkan bahwa nilai Sig < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ho ditolak, yang artinya terdapat perbedaan yang signidikan dari hasil belajar matematika siswa kelas V berdasarkan motivasi belajar dan bimbingan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; matematika; motivasi belajar; bimbingan belajar
Subjects: Matematika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 11:50
Last Modified: 17 Feb 2023 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56394

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum