PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT KELAS 2 DI SDIT MIFTAHUL JANNAH (MOJOREJO DAWUNGAN MASARAN SRAGEN)

Aprisa Susilowati, NIM.:18104080029 (2022) PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT KELAS 2 DI SDIT MIFTAHUL JANNAH (MOJOREJO DAWUNGAN MASARAN SRAGEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT KELAS 2 DI SDIT MIFTAHUL JANNAH (MOJOREJO DAWUNGAN MASARAN SRAGEN))
18104080029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERNYANYI UNTUK SISWA DALAM MENGHAFAL MUFRODAT KELAS 2 DI SDIT MIFTAHUL JANNAH (MOJOREJO DAWUNGAN MASARAN SRAGEN))
18104080029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan metode bernyanyi untuk siswa dalam menghfal mufrodat kelas 2 di SDIT Miftahul Jannah. Rumusan masalah yang harus dijawab adalah bagaimana penerapan metode bernyanyi untuk siswa dalam menghafal mufrodat kelas di SDIT Miftahul Jannah? dan apa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan metode bernyanyi? Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, dan siswa kelas 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab dan siswa kelas 2. Peneliti memperoleh data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemerolehan data primer oleh peneliti menggunakan wawancara sedangkan data sekunder menggunakan obervasi dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data untuk dianalisis dalam bentuk deskriptif dengan mereduksi dan mengklasifikasikan data. Hasil dari penelitian ini adalah pada penerapan metode bernyanyi dalam menghafal mufrodat dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan yang berisikan proses pembelajaran Bahasa Arab dan evaluasi pembelajaran. Kelebihan metode bernyanyi adalah meningkatnya semangat siswa dalam menghafal kosakata (mufrodat) sedangkan kelemahan metode bernyanyi adalah membutuhkan penanganan kelas sehingga tetap terjaga kondisi maupun suasana kelas menjadi tenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; mufrodat; metode bernyanyi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 11:54
Last Modified: 17 Feb 2023 11:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56395

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum