IMPLEMENTASI APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Inarotul Ngainiyah, NIM.: 18104080032 (2022) IMPLEMENTASI APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
18104080032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI APLIKASI RAPORT DIGITAL MADRASAH DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA TAHUN PELAJARAN 2021/2022)
18104080032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan aplikasi Raport Digital Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda dimulai tahun pelajaran 2021-2022. Hal ini didorong keinginan dari semua pihak untuk meningkatkan efektifitas dalam pengolahan penilaian hasil belajar peserta didik. Yang mana sebelumnya pengolahan penilaian hasil belajar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda menggunakan aplikasi ARD yang dirasa belum efektif. Dengan adanya aplikasi Raport Digital Madrasah sebagai pengganti aplikasi ARD diharapkan dapat lebih meningkatkan efisiensi dalam pengolahan penilaian hasil belajar. Karena aplikasi ini baru dengan pengalaman guru yang baru, aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan serta terdapat kendala dalam menggunakannya. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan aplikasi ini, mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi RDM, serta mengetahui kendala yang ditemukan saat menggunakan aplikasi RDM. Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deksriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, operator madrasah, guru kelas, dan guru mapel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan aplikasi Raport Digital Madrasah di MI Nurul Huda melalui beberapa proses yang diawali dengan regristrasi awal hingga pencetakan raport siswa. Aplikasi Raport Digital Madrasah memiliki kelebihan diantaranya aksesnya lebih mudah, deskripsi nilai otomatis, tampilan raport yang lebih baik. Sedangkan kekurangan aplikasi ini vii yaitu kurang fleksibel karena pengerjaannya harus satu tempat. Saat menggunakan aplikasi ini juga terdapat beberapa kendala. Salah satu kendalanya yaitu beberapa guru masih kesulitan dalam menginput data sehingga dibutuhkan pendampingan saat mengakses aplikasi Raport Digital Madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andika Yahya Putra, S.Pd, M.Or.
Uncontrolled Keywords: raport digital madrasah; penilaian; hasil belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Feb 2023 13:44
Last Modified: 17 Feb 2023 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56398

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum