PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V DI SD NEGERI SIRAHAN 1 DUSUN PURWOSARI, DESA SIRAHAN, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG

Sifa Nabila Kusuma, NIM.: 18104080049 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V DI SD NEGERI SIRAHAN 1 DUSUN PURWOSARI, DESA SIRAHAN, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V DI SD NEGERI SIRAHAN 1 DUSUN PURWOSARI, DESA SIRAHAN, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG)
18104080049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK KELAS V DI SD NEGERI SIRAHAN 1 DUSUN PURWOSARI, DESA SIRAHAN, KECAMATAN SALAM, KABUPATEN MAGELANG)
18104080049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hadirnya pandemic covid-19 yang mengakibatkan munculnya beberapa kebijakan dan kebiasaan baru di dunia pendidikan. Kebiasaan baru tersebut salah satunya adalah menggunakan media yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran jarak jauh. Kemudian setelah pandemic mereda dan berubah menjadi endemic, kebiasaan baru yang digunakan saat pandemic perlahan ditinggalkan dan kembali dengan kebiasaan lama. Adapun permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran dengan media youtube terhadap hasil belajar mata pelajaran PJOK Kelas V di SD Negeri Sirahan 1? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design dan Nonequivalent Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri Sirahan 1 tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik sampling jenuh dengan jumlah 16 siswa di kelas V. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas dan terikat. Variabel bebas pada penelitian ini adalah media youtube. Sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar. Teknik pengumpulam data yang digunakan adalah dengan tes (pretest dan posttest). Uji prasyarat pada penelitian ini yakni uji normalitas dan uji homogenitas yang dihitung dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic 25 dengan hasil uji normalitas yang menunjukan data tersebut berdistribusi normal dan hasil uji homogenitas yang menunjukkan hasil tersebut beradasarkan data yang homogen. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang digunakan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa dengan hasil signifikansi 0.001 untuk kelompok eksperimen dan 0.011 untuk kelompok kontrol. Kemudian uji N-gain dilakukan guna melihat persentase besar pengaruh tersebut yang menunjukkan hasil 58.75% untuk kelompok eksperimen dan 37.14% untuk kelompok kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra, S.Pd., M.Or
Uncontrolled Keywords: media youtube; hasil belajar; Mata Pelajaran PJOK
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:07
Last Modified: 20 Feb 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56436

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum