PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI SULTAN AGUNG PADA MASA NEW NORMAL

Laila Kartika, NIM.: 18104080054 (2022) PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI SULTAN AGUNG PADA MASA NEW NORMAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI SULTAN AGUNG PADA MASA NEW NORMAL)
18104080054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V MI SULTAN AGUNG PADA MASA NEW NORMAL)
18104080054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi pada saat masa pandemi covid-19 yang megharuskan siswa untuk belajar di rumah dan saat sudah memasuki masa new normal dilakukan pembelajaran Blended Learning yakni pembelajaran online dan offline di MI Sultan Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.) Mengetahui bagaiamana penerapan model pembelajaran Blended Learning. 2.) Mengetahui kendala yang dihadapi siswa dan guru dalam menerapkan model Blended Learning untuk mencapai tujuan pembelajaran tematik kelas V di masa new normal. 3.) Mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran tematik di kelas V pada penggunaan model blended learning di masa new normal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas V, dan 7 siswa kelas V MI Sultan Agung. Untuk pengecekan keabsahan data dengan triangulasi teknik. Dalam analisis data yang digunakan menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.) Dalam menerapkan blended learning tersebut tiga tahapan dalam Blended Learning sudah berjalan dengan baik, siswa dan guru saling kooperatif dan guru dapat mengajak siswa dalam aktif dalam pembelajaran pembelajaran online yang dilakukan di MI Sultan Agung yaitu dengan tugas yang diberikan guru lalu dikerjakan dengan media berbasis online, guru juga menyiapkan LKPD untuk siswa. Saat menerangkan materi guru menjelaskan secara offline/ tatap muka. 2.) Kendala pembelajaran adalah beberapa faktor yang menghambat pembelajaran baik dari faktor guru, peserta didik, keluarga, dan fasilitas. Kendala yang dihadapi adalah pengiriman tugas yang terlambat, koneksi jaringan, dan gawai yang masih jadi satu dengan orangtua. 3.) Pembelajaran Tematik ini dikembangakan utamanya mencapai tujuan pembelajaran. sikap positif kebiasaan dan nilai-nilai luhur yang diperlukan dalam kehidupan. Dalam aspek untuk mencapai tujuan pembelajaran ada tiga yakni: Pertama, pengetahuan, guru mengambil nilai dari aspek ini dengan Penilaian Harian dan ujian, kedua, aspek keterampilan, aspek ini diambil dari keterampilan dalam mengolah kata, membuat kerajinan, banyak diambil dari penilaian SBdP, ketiga, aspek sikap, aspek ini diambil dari sikap siswa saat berada di kelas dan di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran tematik; blended learning; tujuan pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:56
Last Modified: 20 Feb 2023 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum