PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI KIMIA KOLOID

Widiyanto, NIM.: 18106070017 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI KIMIA KOLOID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI KIMIA KOLOID)
18106070017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID PADA MATERI KIMIA KOLOID)
18106070017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Di Era digital ini penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi sangatlah penting dalam menyampaikan materi, tetapi dalam observasi ke beberapa sekolah masih ada guru yang menjelaskan materi menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media pembelajaran non konvensional berbasis aplikasi android dibutuhkan untuk menunjang proses pembelajaran dikelas di era digital. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat membantu siswa dalam mempelajari materi kimia koloid. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis produk serta menghasilkan produk sebagai media pembelajaran berbasis aplikasi android pada materi sistem koloid untuk kelas IX SMA/MA. Keunggulan dari produk aplikasi ini memiliki audio musik, gambar serta animasi yang dapat membuat siswa tidak bosan ketika mempelajari materi. Penelitian dan pengembangan produk ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall yang terdapat 5 tahapan yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data awal, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan, 4) Uji coba dan 5) Revisi hasil uji coba. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan empat guru kimia menggunakan angket skala Likert dengan 5 interval penilaian serta direspon oleh sepuluh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android dapat dijadikan media pembelajaran. Presentase penilaian skor untuk ahli materi 80% dengan kategori Baik (B), presentase penilaian ahli media 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), presentase penilaian guru kimia 80% dengan kategori Baik (B) dan respon siswa juga mendapatkan nilai 98% dengan kategori Sangat Baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kualitas yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, M.Si Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran; smartphone; aplikasi android; pelajaran kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 21 Feb 2023 11:08
Last Modified: 21 Feb 2023 11:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56484

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum