Determinant of Tourist Satisfaction on Halal Tourism Examining the Religious Aspect as a Moderating Variable

Muhammad Ghafur Wibowo, - and Akhmad Yusuf Khoiruddin, - (2022) Determinant of Tourist Satisfaction on Halal Tourism Examining the Religious Aspect as a Moderating Variable. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 6 (1). pp. 46-59. ISSN e-ISSN: 2614-8110 p-ISSN: 2614-7890

[img]
Preview
Text (Determinant of Tourist Satisfaction on Halal Tourism Examining the Religious Aspect as a Moderating Variable)
Determinant of Tourist Satisfaction on Halal Tourism Examining the Religious.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1676960998.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara motivasi wisata dan kepuasan wisatawan, dan untuk menguji bagaimana 'Agama' memoderasi hubungan tersebut. Studi kasus dalam Penelitian ini adalah Halal Tourism di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Variabel ‘Agama’ diwakili oleh tersedianya norma dan praktik Islam yang relevan dengan pariwisata di destinasi. Hasil Partial least square (PLS) menunjukkan bahwa motivasi wisata berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan wisatawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa atribut Islami berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Motivasi perjalanan yang terdiri dari motivasi tarikan dan motivasi dorongan juga terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan wisatawan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: wisata halal, atribut Islami, motivasi tarikan, motivasi dorongan, kepuasan wisatawan
Subjects: Halal dan Haram
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 21 Feb 2023 13:40
Last Modified: 21 Feb 2023 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56493

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum