PETA KAJIAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (Studi Skripsi Mahasiswa PAI IAIN Curup Bengkulu)

Elok Nawangsih, NIM.: 20204012002 (2022) PETA KAJIAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (Studi Skripsi Mahasiswa PAI IAIN Curup Bengkulu). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PETA KAJIAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (STUDI SKRIPSI MAHASISWA PAI IAIN CURUP BENGKULU))
20204012002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PETA KAJIAN PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (STUDI SKRIPSI MAHASISWA PAI IAIN CURUP BENGKULU))
20204012002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Realita yang terjadi dalam ranah kajian penelitian di perguruan tinggi, yang direfleksikan melalui hasil penelitian skripsi mahasiswa di perguruan tinggi cenderung tidak terarah. Dalam arti perlunya formulasi klasifikasi dan peta penelitian yang menentukan arah dan visi pengembangan ilmu dan pengetahuan khususnya kajian tentang ilmu pendidikan Islam di perguruan tinggi Islam. Refleksi demikian dapat terlihat dari tema kajian penelitian yang diteliti di PTKIN. Berangkat dari realita yang terjadi dalam rangka merespon fenomena demikian, tesis ini mengkaji tentang isu pendidikan Islam di perguruan tinggi agama Islam negeri di IAIN Curup dengan dua fokus utama yang diteliti yaitu pengaruh pengelola dantema yang digunakan. Orientasi pembahasan penelitian ini mengkaji tentang peta kajian skripsi pendidikan Islam mahasiswa PAI IAIN Curup, pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan sejarah, terutama sejarah diakronik, melihat kajian penelitian skripsi dari tahun ke tahun selama 2011-2022. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan, kajian penelitian skripsi dari 2352 skripsi, terdapat delapan tema yang menjadi fokus kajian, yaitu: Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Isi, Standar Penilaian, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, dan Standar Pembiayaan. Dari standar kajian tersebut menunjukan bahwa tema kajian skripsi pada kategori tema kompetensi lulusan sejumlah 27,3% skripsi, tema proses 18,7% skripsi, tema isi 2% skripsi, tema penilaian 18,2% skripsi, tema tenaga kependidikan 9,5% skripsi, tema sarana prasarana 8,8% skripsi, tema pengelolaan 6,8% skripsi, tema pembiayaan 5% skripsi dan yang paling mendapatkaan perhatian pada tema kajian tentang standar isi. Pendekatan penelitian skripsi mahasiswa Prodi PAI terdiri dari tiga jenis penelitian interpretif, positivistic, dan transformatif. Penelitian interpretif sejumlah 71,6% skripsi, penelitian positivistic sejumlah 23,7% skripsi, dan penelitian trasformatif 4,7%Faktor yang mempengarui arah penelitian skripsi mahasiswa PAI IAIN Curup yaitu kebijakan (regulasi) dari Prodi PAI. Regulasi Prodi PAI mengatur bahwa kebijakan penelitian skripsi, mahasiswa hanya bisa mengajukan judul penelitian selama objek kajian penelitian yang dipilih tidak sama dengan penelitian terdahulu, maka pengajuan judul skripsi tersebut bisa diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muqowim, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peta kajian; studi skripsi; karya ilmiah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Feb 2023 14:40
Last Modified: 22 Feb 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum