IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WASIAT RENUNGAN MASA TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID (Studi Kasus di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani)

Komarudin, NIM.: 20204012037 (2022) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WASIAT RENUNGAN MASA TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID (Studi Kasus di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WASIAT RENUNGAN MASA TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID (Studi Kasus di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani))
20204012037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM WASIAT RENUNGAN MASA TGKH. MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID (Studi Kasus di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani))
20204012037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (638kB) | Request a copy

Abstract

Perilaku amoral yang terjadi di Indonesia, seperti penganiayaan, pembunuhan, tawuran, dan praktik korupsi, menuntut adanya upaya maksimal dalam hal pendidikan karakter. Hal tersebut menjadi perhatian berbagai kalangan dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid merupakan tokoh yang berperan penting dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Pulau Lombok. Perhatian TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid mengenai pendidikan karakter tertuang dalam salah satu karyanya, yaitu buku Wasiat Renungan Masa. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan dalam Wasiat Renungan Masa karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, dan implementasi dari nilai-nilai pendidikan karakter tersebut di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits Nahdlatul Wathan Anjani. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi lapangan’ Teknik analisis data yang ditawarkan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi. Keabsahan data diproleh melalui metode triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, nilai-nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa Karya TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid yaitu nilai jujur, amanah, istiqomah, religius, rasa ingin tahu, peduli, ketaatan, kerja keras, disiplin, dan kesabaran. Kedua, implementasi nilainilai pendidikan karakter dalam wasiat renungan masa di Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani dilakukan melalui keteladan, pembelajaran, pembiasaan penilaian, dan evaluasi. Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam Wasiat Renungan Masa menjadikan thullab memiliki karakter yang baik dan termanifestasi dalam kehidupan mereka sehari-hari, sehingga thullab mampu menjaga diri dari berbagai perilaku amoral yang dapat merusak diri sendiri dan orang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter; Wasiat Renungan Masa; Ma’had Darul Qur’an Wal Hadits NW Anjani
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:06
Last Modified: 24 Feb 2023 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56559

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum