DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA KELAS RINTISAN INTERNASIONAL PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Adik Laila Fitri Nawangsari, NIM.: 20204021006 (2022) DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA KELAS RINTISAN INTERNASIONAL PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA KELAS RINTISAN INTERNASIONAL PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
20204021006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (DESAIN PROGRAM PENGEMBANGAN BAHASA PADA KELAS RINTISAN INTERNASIONAL PBA FITK UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
20204021006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (912kB) | Request a copy

Abstract

Desain program pengembangan bahasa pada kelas rintisan internasional PBA FITK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program studi Pendidikan Bahasa Arab memiliki kelas rintisan internasional yang bertujuan untuk menuju world class university akan tetapi pada kelas rintisan internasional program studi PBA belum memiliki program dan kegiatan yang baku, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk membuat desain program pengembangan bahasa pada kelas rintisan internasional dan untuk mengetahui penilaian ahli terhadap desain program pengembangan bahasa pada kelas rintisan internasional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa pembuatan visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan kelas rintisan internasional serta desain program pengembangan bahasa Arab dan bahasa Inggris untuk mahasiswa kelas rintisan internasional PBA FITK UIN Sunan Kalijaga, yaitu: menciptakan bi’ah lughawiyah (lingkungan berbahasa) di kampus, mengenalkan Indonesian culture/budaya Indonesia, menciptakan kegiatan evaluasi, memberikan mata kuliah tambahan berbahasa Arab, membentuk student body atau pengurus kelas rintisan internasional, menciptakan website khusus untuk kelas rintisan internasional, mengadakan guest lecturer, menciptakan bi’ah lughawiyah di luar kampus, menciptakan kerjasama dengan Sekolah Indoneisa Luar Negeri (SILN), menciptakan kegiatan pekan seni dan bahasa. Program pengembangan bahasa Inggris, yaitu: mengadakan kerjasama dengan International Office (IO), memberikan mata kuliah tambahan berbahasa Inggris, menghadirkan native speaker, menciptakan language environment di luar kampus, mengadakan kerjasama dengan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri, mengadakan kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri, menciptakan kegiatan evaluasi program pengembangan bahasa Inggris, penetapan hari dan tempat berbahasa Inggris, menciptakan dan menetapkan kegiatan kelas rintisan internasional. Hasil penilaian ahli desain diperoleh total 83 dengan persentase 86% dan termasuk ke dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: desain; language development program; international class program
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:16
Last Modified: 24 Feb 2023 09:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56560

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum