PENGARUH PEMBELAJARAN KALIGRAFI BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI

Irmawati, NIM.: 20204032017 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN KALIGRAFI BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KALIGRAFI BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI)
20204032017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN KALIGRAFI BERBASIS BAHAN ALAM TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI)
20204032017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Upaya peningkatan kreativitas dan perkembangan motorik halus anak usia dini sangat penting dilakukan agar tumbuh-kembang anak lebih optimal. Salah satu pembelajaran yang dapat diberikan untuk mendukung upaya tersebut yaitu melalui pemanfaatan daun pandan dan limbah buah-buahan yang ada di sekitar lokasi penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi pengaruh pembelajaran kaligrafi berbasis bahan alam terhadap kreativitas dan motorik halus anak. Jenis dan pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif-eksperimen dengan quasi experimental design. Populasi penelitian yaitu anak usia dini di TK Pertiwi 26-13 Bogares Kidul dengan menggunakan purposive sampling sejumlah 42 anak. Teknik pengumpulan data dengan pre-test dan post-test, observasi, wawancara dan dokumentasi berupa foto kegiatan. Teknik analisis data yaitu, 1) Analisis deskiptif, dengan menjabarkan nilai rata-rata perkembangan kreativitas dan motorik halus anak, 2) Analisis statistik inferensial menghitung secara sistematis sejumlah data untuk disajikan dengan komparasi t-test indenpendensi menggunakan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh pembelajaran kaligrafi berbasis bahan alam terhadap kretivitas dan motorik halus anak dilakukan perbandingan dari pre-test dan post-test yang masing-masing memiliki selisih skor 53. 2) Implementasi pembelajaran kaligrafi berbasis bahan alam dengan memanfaatkan limbah kulit buah naga, kunyit dan daun pandan. Bahan alam tersebut dimanfaatkan menjadi pewarna buatan dan daun pandan sebagai kuasnya. Anak dapat berkreasi dengan menggunakan kuas dari daun pandan dan pewarna dari bahan alam sesuai dengan imajinasinya. 3) Implikasi dari penggunaan bahan alam diantaranya: a) Bahan alam yang digunakan lebih ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan yang membahayakan anak. b) Bahan alam yang digunakan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendapatkannya c) Bahan alam yang digunakan lebih menarik perhatian anak sehingga anak lebih antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Raden Rachm Diana S.Psi.
Uncontrolled Keywords: bahan alam; kreativitas anak; motorik halus anak
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 13:08
Last Modified: 24 Feb 2023 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56568

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum