PENGEMBANGAN MIRACLE BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA DINI

Kholida Munasti, NIM.: 20204032037 (2022) PENGEMBANGAN MIRACLE BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA DINI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MIRACLE BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA DINI)
20204032037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MIRACLE BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK ANAK USIA DINI)
20204032037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kehidupan awal anak adalah masa yang sangat tepat dalam memberikan stimulasi agar tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya stimulasi secara menyeluruh yang melibatkan kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Sejak dini anak juga harus ditanamkan pendidikan karakter. Proses pembentukan sebuah karakter akan sangat mempengaruhi perilaku seseorang di masa depan. Di era kemajuan globalisasi saat ini, ancaman terkikis atau bahkan hilangnya karakter semakin terlihat nyata. Mulai dari sikap masyarakat yang sudah kurang bersikap simpati kepada orang lain, busana yang membuka aurat mengikuti budaya barat, bahkan budaya membuang sampah sembarangan, tidak mencintai makhluk hidup serta lingkungan sekitarnya juga menjadi hal yang dianggap biasa saja padahal sangat jelas dapat mempengaruhi perubahan besar di dunia. Karakter peduli lingkungan perlu dimiliki seseorang demi kelestarian lingkungan itu sendiri. Namun dapat dilihat bahwa sangat banyak orang yang tidak mempedulikan lingkungan bahkan merusak lingkungan. Menggunakan produk tidak ramah lingkungan, buang sampah sembarangan, penebangan ilegal, mengeksploitasi flora dan fauna menjadi kebiasaan buruk yang dianggap normal. Hal ini membuktikan bahwa banyak orang yang masih belum menyadari tentang pentingnya menjaga kelestarian hewan dan lingkungan. Oleh sebab itu, peneliti berinisiatif memberikan solusi guna membantu mengajarkan pentingnya mencintai lingkungan melalui media pembelajaran Miracle Book. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). menggunakan tahap penelitian dari Thiagarajan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data diperoleh melalui observasi dengan melihat ketersediaan media pembelajaran yang membahas tentang sikap peduli lingkungan. Studi literature dengan melihat berbagai informasi yang berhubungan dengan sikap peduli lingkungan melalui berbagai media, serta melakukan validasi kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi dengan lembar angket penilaian. Penelitian ini hanya sampai pengujian level 1 yaitu peneliti melakukan penelitian untuk menciptakan produk baru dan menguji rancangan produk secara internal (validasi media dengan para ahli). Hasil dari penelitian ini adalah (1) mendapatkan prosedur pembuatan media Miracle Book; dan (2) mendapatkan validasi kelayakan media Miracle Book dari dari ahli media dan ahli materi. Pada penilaian ahli media peneliti mendapatkan nilai kelayakan media sebesar 100% dengan kategori kelayakan media “SANGAT LAYAK”. Sedangkan pada penilaian ahli materi peneliti mendapatkan nilai sebesar 100% dari ahli materi dengan kategori kelayakan media “SANGAT LAYAK”.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Khamim Zarkasih Putro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: permainan edukatif; miracle book media; environmental care character
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 15:30
Last Modified: 24 Feb 2023 15:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum