PENGARUH KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS II MI BAIQUNIYYAH

Yuniarti, NIM.: 20204081026 (2022) PENGARUH KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS II MI BAIQUNIYYAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS II MI BAIQUNIYYAH)
20204081026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEGIATAN LITERASI MENGGUNAKAN MODEL VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS II MI BAIQUNIYYAH)
20204081026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Membaca merupakan salah satu literasi yang sangat penting dalam kehidupan. Kebanyakan siswa memiliki minat baca sangat rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya referensi bacaan yang peneliti amati secara langsung. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meningkatkan minat baca siswa yang menggunakan metode pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetik (VAK). Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui penerapan minat baca, pengaruh kegiatan literasi dan seberapa besar pengaruh VAK terhadap minat baca siswa kelas II MI Baiquniyyah. Jenis Penelitian ini adalah Ekperimen Semu (Quasi Eksperimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II MI Baiquniyyah yang berjumlah 62 orang yairu kelas II A yang berjumlah 30 sebagai kelas kontrol dan kelas II B yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, uji analisis akhir) dan uji hipotesis (uji regresi linier sederhana). Hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan pelaksanaan gerakan literasi di MI Baiquniyyah masih pada tahap pembiasaan melalui kegiatan membaca nyaring selama kurang lebih 15 menit sebelum pembelajaran dimualai. Ada pengaruh yang signifikan anatara gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa kelas II MI Baiquniyyah yang ditunjukan dengan nilai t hitung > t tabel (6,315 > 1,980). Adanya pengaruh yang signifikan antara model VAK (Visualization, Auditory, Kinesthetik) yang ditunjukkan dengan nilai t hitung > t tabel ( 3,925 > 2,0395).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: literacy movement implementation; reading interest; VAK
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:08
Last Modified: 27 Feb 2023 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56598

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum