PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM JEPARA

Diah Tara Dewi, NIM.: 20204082003 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM JEPARA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM JEPARA)
20204082003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV MI MAMBAUL ULUM JEPARA)
20204082003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Mambaul Ulum Jepara dengan tujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran matematika kelas IV dengan menggunkan media video animasi melalui model course review horay, 2) pengaruh penggunaan video animasi melalui model pembelajaran course review horay terhadap minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika, 3) pengaruh penggunaan video animasi melalui model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika, 4) pengaruh penggunaan video animasi melalui model pembelajaran course review horay terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode preeksperimental design tipe one group pretest-posttest. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah angket untuk mengetahui minat belajar dan soal tes untuk mengetahui hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas product moment, uji reliabilitas Cronbach alpha, uji normalitas kolmogorof-smirnov, uji homogenitas Levene Test, dan uji homogenitas menggunakn uji multivatiat atau uji MANOVA. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran matematika pada siswa kelas IV dengan menggunakan media video animasi melalui model CRH berjalan dengan efektif, kondusif dan menyenangkan., 2) Pembelajaran matematika dengan menggunakan video animasi melalui model CRH berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV. Hasil univariat diperoleh nilai sig. 0,001 < 0.005 maka Ha diterima. Minat belajar siswa dengan pembelajaran konvensional adalah 44% sedangkan pembelajaran dengan menggunakan video animasi melalui model CRH dapat meningkatkan minat siswa yaitu menjadi 56%, 3) Pembelajaran matematika dengan menggunakan video animasi melalui model CRH berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV. Hasil univariat diperoleh nilai sig. 0,002 < 0,005 maka Ha diterima. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional adalah 70, sedangkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video animasi melalui model CRH adalah 79,83, 4) Pembelajaran matematika dengan menggunakan media video animasi melalui model CRH berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV. Pembelajaran berjalan dengan efektif, kondusif dan menyenangkan, sehingga minat dan hasil belajar siswa meningkat. Dalam uji Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunan media video animasi melalui model pembelajaran CRH terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Tahunan Jepara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: animation videos; horay course review; minat belajar; CRH
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:36
Last Modified: 27 Feb 2023 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56616

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum