Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka

Zahratul Fitria, NIM.: 20204082015 (2022) Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka)
20204082015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka)
20204082015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas guru dalam melaksanakan pembelajaran merupakan hal yang sangat penting yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan pendidikan serta dalam pengembangan pengetahuan baik secara pedagogi, content dan teknologi. Sekolah Dasar Muhammadiyah Kadisoka Yogyakarta merupakan salah satu lembaga yang mana guru menggunakan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah tiga orang guru yang meliputi guru kelas 1, guru kelas II dan guru kelas III. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Dengan adanya Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Pada Pembelajaran Tematik Untuk Menumbuhkan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar dapat membantu menggembangkan potensi guru. Hasil analisis data yang menunjukkan bahwa pertama, Rancangan perangkat pembelajaran berbasis Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun secara kolaboratif. Guru menyusun RPP menggunakan pedoman kurikulum 2013 yang diterbitkaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Namun, guru menyesuikan kembali bagian-bagian yang perlu disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. kedua, Implementasi pembelajaran tematik menggunakan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) pada SD Muhammadiyah Kadisoka dilaksanakan dengan tiga kegitan yakni kegitan pendahuluan, kegitan inti dan kegiatan penutup. Masing-masing tahapan kegiatan sudah diterapkan pembelajaraan yang sesuai. Guru sudah menggunakan teknologi yang ada seperti penggunaan laptop, layar proyektor, proyektor dan speaker. Ketiga, kemampuan literasi digital guru melalui Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) pada pembelajaran tematik di SD Muhammadiyah Kadisoka bisa dilihat dari data yang sudah ada bahwasannya dari data tersebut sudah menjelaskan bahwasannya responden yang masuk ke dalam level tinggi (Advenced) yakni responden 01, di level menengah yakni responden 03 dan level dasar (Foundation) yakni responden 02.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Pratowo, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK); pembelajaran tematik; literasi digital; guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 10:16
Last Modified: 27 Feb 2023 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum