PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN 24 MACANANG KABUPATEN BONE

Rosnaeni, NIM.: 20204082020 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN 24 MACANANG KABUPATEN BONE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN 24 MACANANG KABUPATEN BONE)
20204082020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKATIF ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III DI SDN 24 MACANANG KABUPATEN BONE)
20204082020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegelisahan penulis pada media ajar yang digunakan ketika pembelajaran tematik materi tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup kelas III di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Media ajar yang digunakan kurang efektif untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa karena hanya menggunakan buku tematik siswa yang telah disediakan oleh sekolah. Hal ini membuat minat baca dan motivasi belajar siswa berkurang karena media yang digunakan membuat siswa mudah merasa bosan sehingga pembelajaran kurang efektif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran edukatif ular tangga untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran edukatif ular tangga untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa kelas III di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone dan, (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran edukatif ular tangga untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa kelas III di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development. Desain penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen pengumpulan data penelitian ini yakni hasil penilaian ahli media, ahli materi, penilaian guru, dan uji angket pretest dan post test siswa. Lokasi penelitian ini di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone, Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III dengan jumlah siswa 23 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa media cetak, yaitu media pembelajaran edukatif ular tangga dengan menggunakan model ADDIE. Pada tahap kelayakan media pembelajaran edukatif ular tangga dilakukan validasi ahli media dan ahli materi oleh tenaga ahli dan diperoleh dari ahli media dengan hasil 90% dan ahli materi dengan hasil 88,46%. Selanjutnya penilaian oleh guru dengan hasil 95%. Sehingga media tersebut ―Sangat Layak‖ digunakan dalam proses belajar mengajar. Keefektifan media pembelajaran edukatif ular tangga dapat dilihat berdasarkan pre test dan post test siswa kelas III di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone. Hasil dari uji efektifitas penggunaan media pembelajaran edukatif ular tangga tentang minat baca berdasarkan pre test dan post test menunjukkan bahwa sebanyak 3 siswa mendapatkan nilai (g)>0,7 atau kategori tinggi, sebanyak 16 siswa mendapatkan nilai 0,3 ≤(g) ≥ 0,7 atau kategori sedang, dan sebanyak 4 siswa mendapatkan nilai (g)< 0,3 atau kategori rendah. Hasil dari uji efektifitas penggunaan media pembelajaran edukatif ular tangga tentang motivasi belajar siswa berdasarkan pretest dan post test menunjukkan bahwa sebanyak 4 siswa mendapatkan nilai (g)>0,7 atau kategori tinggi, sebanyak 14 siswa mendapatkan nilai 0,3 ≤(g) ≥ 0,7 atau kategori sedang, dan sebanyak 5 siswa mendapatkan nilai (g)< 0,3 atau kategori rendah. Sehingga media pembelajaran edukatif ular tangga efektif digunakan untuk meningkatkan minat baca dan motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar kelas III di SDN 24 Macanang Kabupaten Bone.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: learning media; educational; snakes and ladders; reading interest; student learning motivation
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:02
Last Modified: 27 Feb 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum