PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Atin Ulfi Setya Ningrum, NIM.: 16600021 (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP)
16600021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP)
16600021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemandirian belajar merupakan faktor yang penting dalam pembelajaran matematika sedangkan untuk meningkatkan kemampuan akademik diperlukan adanya self esteem dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika SMP; 2) apakah terdapat pengaruh positif dan signifikan self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 3) apakah kemandirian belajar dan self esteem secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kedu semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan populasi siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan sebanyak 83 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kemandirian belajar dan skala self esteem. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self esteem terhadap hasil belajar matematika siswa SMP; 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar dan self esteem secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa SMP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar, Self Esteem, Hasil Belajar Matematika
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:09
Last Modified: 01 Mar 2023 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56730

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum