PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK DISPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA

Fatichatul Falaachii, NIM.: 17104010060 (2022) PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK DISPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK DISPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
17104010060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MEMBENTUK AKHLAK DISPLIN DAN TANGGUNGJAWAB SISWA KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS YOGYAKARTA)
17104010060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembentukan akhlak pada peserta didik di lembaga pendidikan akan lebih optimal ketika menjadikan pembelajaran Al-Qur’an sebagai sarana pembentukannya, hal tersebut karena peserta didik akan dapat langsung belajar mengenai landasan-landasan dalam akhlak sehingga akan membuat mereka memiliki keyakinan dalam membiasakan akhlaknya. Salah satu lembaga pendidikan yang menjadikan pengajaran Al-Qur’an sebagai konsentrasi pembelajarannya yaitu SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta dimana pada SD Muhammadiyah Pakel menjadikan program tahfidz Al-Qur’an sebagai salah satu program unggulnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an pada siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta serta hasil yang dicapai dari pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an tersebut dalam membentuk akhlak disiplin dan tanggungjawab siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta? Penelitian ini adalah Field Research (penelitian lapangan), yaitu penelitian yang menggunakan kehidupan nyata sebagai tempat kajian, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Sehingga pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, adapun instrumen penelitian ini yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi dan juga dokumentasi yang kemudian disesuaikan dengan teknik pengumpulan datanya yang digunskan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala sekolah SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta, Guru Program Plus SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta, Siswa SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta dan Wali murid SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis yang dikemukakan oleh Miles and Huberman yaitu redukasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) hal mendorong SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta untuk memasukkan program tahfidz sebagai salah satu dari program unggulannya, karena faktor kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta menarik minat masyarakat untuk dapat menyekolahkan anaknya di SD Muhammadiyah Pakel, 2) dalam melaksanakan program tahfidz tersebut SD Muhammadiyah Pakel melakukan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan program dan evaluasi program. Tahap perencanaan yaitu SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta merumuskan tujuan dari program tahfidz tersebut adalah supaya dapat menarik masyarakat untuk menyekolahkan anaknya pada SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta, serta supaya siswa memiliki kemampuan dalam menghafal syart-sutar dalam Al-Qur’an. Tahap pelaksanaan yaitu merupakan tindakan yang diakukan oleh guru dalam memfasilitasi program tahfidz tersebut yaitu terkait waktu pelaksanaan program yang dilakukan setiap 1 minggu sekali (2JPL), serta metode yang digunakan metode sima’i, metode wahdah, dan metode tafkhim. Tahap evaluasi yaitu dilakukan dengan untuk mengetahui perkembangan hafalan siswa yang dilakukan dengan dua jenis evaluasi yaitu evaluasi harian dilakukan dengan siswa menyetorkan hafalannya kepada guru pada saat jam program tersebut, dan evaluasi tahunan diakukan untuk mengetahui keseluruhan hafalan siswa pada satu tahun dan untuk nanti mereka diwisuda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Program Tahfidz, Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:18
Last Modified: 01 Mar 2023 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum