UPAYA GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL

Hafidzatun Nabilah, NIM.: 17104030018 (2023) UPAYA GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA) AD-DAROJAT KAUMAN BABADAN BANGUNTAPAN BANTUL)
17104030018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Taman pendidikan Al-qur’an (TPA) Ad-Darojat merupakan lembaga pendidikan nonformal yang berlatar belakang pendidikan Al-Qur’an dan agama Islam, awal mula terbentuknya adalah dari perkumpulan belajar kecil di serambi Masjid Pathok Negoro Ad-Darojat. TPA Ad-Darojat memiliki beberapa kelompok belajar, dimana salah satunya adalah kelompok belajar anak usia usia dini dalam rentang usia 4-6 tahun. Penulis tertarik ingin mengetahui lebih lanjut mengenai upaya guru dalam menanamkan karakter religius anak usia dini di TPA Ad-Darojat Kauman Babadan Banguntapan Bantul. Karena dalam pengamatan penulis, penulis menemukan beberapa anak yang belum memiliki karakter religius seperti yang penulis temukan pada karakter anak-anak TPA yang lain. Tujuan penelitian yang pertama adalah untuk mengetahui upaya guru terhadap pendidikan karakter Religius anak usia dini melalui proses belajar mengajar di Taman pendidikan AL-Qur’an (TPA) Ad-Darojat Kauman Babadan dan yang kedua dalah untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat terhadap upaya guru dalam menanamkan karkater religius Anak Usia Dini di TPA Ad-Darojat Kauman Babadan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar Taman pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ad-Darojat kauman Babadan. Pengumpulan data di lakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap bagaimana upaya guru dalam Pendidikan Karakter Religius anak usia dini di TPA Ad-Darojat Kauman Babadan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan cara tringulasi sumber yakni dari hasil pengamatan serta wawancara dan dokumentasi yang telah di lakukan penulis dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran di Taman pendidikan AL-Qur’an (TPA) Ad-Darojat kauman Babadan memberikan dampak terhadap sikap dan pola fikir peserta didik sebagaimana peserta didik mulai menunjukkan etika-etika dalam bersikap sesuai dengan nilai-nilia agama Islam seperti yang di ajarkan oleh guru atau ustadz/ustadzah di TPA. Pendidikan Karakter Religius kepada peserta didik selain memberikan materi-materi pembelajaran juga melalui pembiasaan, keteladanan dan juga melalui metode berkisah yang di lakukan oleh guru atau ustadz/ustadzah. Adapun implikasi pengamalan nilai-nilai religius yang di ajakrkan kepada peserta didik atau santri meliputi Syari’at yang mengajarkan ibadah, bersedekah, serta nilai-nilai mengenai akhlak, juga akidah yang mengenalkan kepada santri tentang penciptaan dan ilahiyah. Hasil tersebut dapat tercapai dengan baik karena adanya faktor-faktor pendukung yakni teladan-teladan yang di lakukan oleh tokoh masyarakat, tokoh agama serta guru-guru di TPA Ad-Darojat, kerjasama yang baik antara guru, tokoh masyarakat serta orangtua, kegiatan pendukung pembelajaran yang mengarah kepada pengamalan nilai-nilai dan sikap religius seperti kajian ahad pagi, kegiatan murottal ba’da maghrib, dan pengajian malam juma’at. Selain itu terdapat pula faktor penghambat, yakni faktor pergualan peserta didik di luar TPA, faktor internal peserta didik dan kurangnya media belajar di TPA Ad-Darojat kauman Babadan Banguntapan Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter Religius, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:21
Last Modified: 01 Mar 2023 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56734

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum