Iin Nur Afifah, NIM.: 17104080010 (2023) ETIKA PELAJAR TERHADAP PENDIDIK DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (ETIKA PELAJAR TERHADAP PENDIDIK DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
17104080010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (ETIKA PELAJAR TERHADAP PENDIDIK DALAM KITAB ADAB AL-‘ALIM WA AL-MUTA’ALLIM KARYA KH. M. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH)
17104080010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ada dua adalah (1) bagaimana etika pelajar terhadap pendidik dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari, (2) bagaimana relevansi etika pelajar terhadap pendidik dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui etika pelajar terhadap pendidik dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari dan untuk mengetahui relevansi etika pelajar terhadap pendidik dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al- Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jenis penelitian ini termasuk studi kepustakaan (library research). Sumber primernya didapat dari kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari dan materi akidah akhlak yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sedangkan sumber sekunder diantaranya adalah terjemah kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim, KMA Nomor 183 Tahun 2019 serta sumber pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah menurut KH. M. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim etika pelajar terhadap pendidik ada dua belas poin yaitu (a) Memilih pendidik dengan beristikharah, (b) Memilih pendidik yang paham ilmu syari’at, (c) Pelajar mematuhi perintah pendidik, (d) Memandang pendidik dengan penuh keagungan, (e) Mengetahui hak-hak pendidik, (f) Bersabar atas kekasaran pendidik, (g) Tidak memasuki ruangan pendidik tanpa seizinnya, (h) Bertata krama saat duduk dihadapan pendidik, (i) Berbicara dengan baik terhadap pendidik, (j) Mendengarkan pendidik dengan serius, (k) Tidak mendahului, membersamai dan memotong penjelasan maupun pembicaraan pendidik, (l) Aspek menjaga etika saat menerima ataupun memberi sesuatu kepada pendidik. Dari dua belas poin di atas terdapat sepuluh poin yang relevan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah yaitu (a) Aspek mematuhi perintah pendidik relevan dengan materi adab belajar, adab bersin dan menguap, adab makan dan minum, amanah, disiplin, (b) Aspek mengetahui hak-hak pendidik relevan dengan materi kisah teladan Nabi Nuh As dan Nabi Musa As dan sikap dermawan, (c) Aspek bersabar atas kekasaran pendidik relevan dengan materi sikap tabah dan sabar dan kisah teladan Nabi Ayyub As, (d) Aspek memandang pendidik dengan penuh keagungan materi yang relevan adalah adab belajar dan sikap hormat, kasih sayang dan sopan santun, (e) Aspek tidak memasuki ruangan pendidik tanpa seizinnya relevan dengan materi adab bertamu, (f) Aspek bertata krama saat duduk dihadapan pendidik relevan dengan materi sikap hormat, kasih sayang dan sopan santun, (g) Aspek berbicara dengan baik terhadap pendidik relevan dengan materi berkata baik, berperilaku jujur dan berbudaya antri, akhlak tercela egois, berkata kasar dan berbohong, (h) Aspek mendengarkan pendidik dengan serius relevan dengan materi kisah teladan Nabi Muhammad Saw dan akhlak terpuji rendah diri, (i) Aspek tidak mendahului, membersamai dan memotong penjelasan maupun pembicaraan pendidik relevan dengan materi akhlak terpuji hormat dan patuh kepada guru, (j) Aspek menjaga etika saat menerima ataupun memberi sesuatu kepada pendidik relevan dengan materi akhlak terpuji tolong menolong dan terdapat dua poin etika pelajar terhadap pendidik dalam kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari yang tidak revelan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah yaitu (a) Aspek memilih pendidik dengan beristikharah dan (b) Aspek memilih pendidik yang paham ilmu syari’at.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag |
| Uncontrolled Keywords: | Etika Pelajar, Kitab Adab Al-‘Alim wa Al-Muta’allim, akidah Akhlak |
| Subjects: | Akhlak - Etika Pendidikan > Pendidikan Karakter |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 01 Mar 2023 09:24 |
| Last Modified: | 18 Sep 2025 10:20 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56735 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
