EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WEB WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING IPA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA

Wida Amalia Puspa Dewi, NIM.: 17104080051 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WEB WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING IPA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WEB WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING IPA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA)
17104080051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WEB WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN DARING IPA KELAS V SD ISLAM AL-AZHAR 31 YOGYAKARTA)
17104080051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ada dua yaitu: (1) bagaimana minat belajar IPA peserta didik kelas V Ibnu Rusyid di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta ketika pembelajaran daring?, (2) apakah ada pengaruh penggunaan aplikasi web Wordwall untuk meningkatkan minat belajar dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran daring IPA kelas V di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta?, (3) berapa besarnya efektivitas penggunaan aplikasi web Wordwall untuk meningkatkan minat belajar dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran daring IPA kelas V di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta?. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa eksperimen semu (quasi esperiment) dan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design sebagai desain peneltian. Pembatasan pada penelitian ini hanya untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan aplikasi web Wordwall untuk meningkatkan minat belajar dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran daring IPA kelas V di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Intrumen penelitian berupa kuesioner dan observasi. Sample yang digunakan adalah 22 peserta didik yang berasal dari kelas V Ibnu Rusyid. Data yang didapatkan yakni data kuantitatif dimana selanjutkan dilakukan analisis untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dan besarnya efektivitas penggunaan aplikasi web Wordwall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar IPA peserta didik kelas V Ibnu Rusyid di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta ketika pembelajaran daring mengalami penurunan yang ditandai dengan penundaan dalam mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang dibuktikan dengan pretest minat belajar pada pernyataan “saya sering menunda mengerjakan tugas yang diberikan guru” dari 22 peserta didik dijabarkan bahwa ada 8 peserta didik menjawab ragu-ragu, ada 5 peserta didik menjawab setuju dan ada 2 peserta didik menjawab sangat setuju. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil wawancara dengan wali kelas V Ibnu Rusyid yang menyebutkan bahwa minat belajar peserta didik menurun karena pembelajaran daring. Hasil yang kedua adalah penggunaan aplikasi web Wordwall berpengaruh dengan signifikan terhadap minat belajar dan literasi digital peserta didik, namun untuk efektivitas masuk dalam kategori kurang efektif untuk meningkatkan minat belajar dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran daring IPA kelas V SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta. Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya uji gain yang diperoleh hasil 31,03% untuk minat belajar, yang mana termasuk dalam kategori kurang efektif (31-45%). Sedangkan hasil untuk literasi digital diperoleh hasil 32,10% yang masih termasuk kategori kurang efektif (31-45%). Adapun untuk perbedaan rata-rata peningkatan minat belajar tampak pada rata-rata nilai posttest sebesar 76,68 lebih besar dari nilai pretest sebesar 65,27 dan perbedaan rata-rata peningkatan literasi digital terlihat pada rata-rata nilai posttest sebesar 50,32 lebih besar dari nilai rata-rata pretest sebesar 45,64. Kemudian untuk hasil observasi terdapat perbedaan rata-rata nilai observasi akhir sebesar 27,54 lebih besar dari rata-rata nilai observasi awal sebesar 23,45. Maka demikian penggunaan apliaksi web Wordwall berpengaruh dengan signifikan untuk meningkatkan minat belajar dan literasi digital peserta didik pada pembelajaran daring IPA kelas V di SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta dengan besar efektifitas 31,03% untuk minat belajar dan 32,10% untuk literasi digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro, S. Pd.. I., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Web Wordwall, Literasi Digital, Pembelajaran Daring IPA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 09:28
Last Modified: 01 Mar 2023 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum