IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK PERTIWI KEBUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA BULAN FEBRUARI-MEI 2022

Sabrina Suprapti, NIM.: 18104030028 (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK PERTIWI KEBUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA BULAN FEBRUARI-MEI 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK PERTIWI KEBUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA BULAN FEBRUARI-MEI 2022)
18104030028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI TK PERTIWI KEBUMEN SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA BULAN FEBRUARI-MEI 2022)
18104030028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kerjasama antara pihak sekolah dengan orangtua dalam mendukung program pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) implementasi program Pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen selama pandemic covid-19 pada bulan Februari-Mei 2022; (2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen selama pandemic covid-19 pada bulan Februari-Mei 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, 3 guru, dan 3 orang tua peserta didik yang dipilih secara purposive sampling dan peserta didiknya TK Pertiwi Kebumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk memperoleh data awal pada saat kegiatan pengamatan berlangsung terkait dengan implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen selama pandemi covid-19 pada Februari-Mei 2022; (2) wawancara untuk menggali informasi yang lebih mendalam atau mendapatkan data yang akurat tentang implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen selama pandemi covid-19 Februari-Mei 2022; (3) dokumentasi untuk menggali informasi lebih dalam tentang objek penelitian selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto dan sumber tertulis yang berkaitan dengan implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen selama pandemi covid-19 Februari-Mei 2022. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen dilaksanakan secara terintegrasi pada pembiasaan sehari-hari, karena tidak adanya program khusus terkait dengan pendidikan karakter. Pada nilai (disiplin, kemandirian, cinta tanah air, persahabatan, dan peduli terhadap lingkungan) sudah terlaksana dengan baik; (2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen meliputi beberapa guru yang telah mengikuti sosialisasi dan pelatihan dari Dinas tingkat provinsi, terbentuknya kegiatan pendidikan karakter, dan tata tertib peserta didik. Segi sarana dan prasarana yang sudah mencukupi, seperti perpustakaan, dan tempat bermain indoor dan outdoor; (3) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di TK Pertiwi Kebumen meliputi beberapa hal seperti; guru yang belum memenuhi kualifikasi akademik S1, tidak adanya guru pendamping selama di kelas, pihak sekolah belum melakukan sosialisasi terkait pendidikan karakter dengan wali murid dikarenakan faktor pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pandemic Covid-19, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 10:07
Last Modified: 01 Mar 2023 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56746

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum