PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA

Pradhiana Kharisma Dewanti, NIM.: 18106070016 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA)
18106070016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA EDUCATION SONG BERBASIS AUDIOVISUAL PADA TOPIK UNSUR GOLONGAN UTAMA)
18106070016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Media yang bervariasi penting disediakan untuk mendukung pembelajaran kimia di sekolah maupun secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran education song berbasis audiovisual pada materi unsur golongan utama. Penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model 4-D (define, design, develop, and disseminate), yang dibatasi hingga tahap develop digunakan sebagai model pengembangan. Produk pengembangan media pembelajaran divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, dinilai oleh tiga guru kimia SMA, serta direspon oleh sepuluh siswa kelas XII SMA. Produk akhir hasil pengembangan adalah media education song berbasis audiovisual yang memiliki karakteristik: 1) mengombinasikan antara gambar, animasi, dan suara, 2) dibuat dengan bantuan beberapa aplikasi diantaranya BandLab, Ibis paint x, Flipaclip, dan Capcut, 3) materi yang disajikan tercantum dalam Kurikulum 2013, 4) menyajikan dua aransemen musik untuk empat judul lagu dalam satu video (gas mulia, alkali, halogen, dan alkali tanah) yang kemudian ditutup dengan kuis, dan 5) setiap lagu menyajikan submateri kelimpahan, sifat fisika dan kimia, serta manfaat unsur, 6) menggunakan gaya bahasa yang sesuai dan kalimat pendukung pada video, dan 7) praktis. Setelah dinyatakan valid oleh ahli materi dan ahli media, media dinilai kualitasnya oleh tiga guru kimia SMA/MA dengan perolehan persentase keidealan sebesar 93,33% atau kategori sangat baik. Produk kemudian direspon positif oleh siswa dengan persentase keidealan sebesar 98% atau kategori sangat baik pada keseluruhan aspek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Sd., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajara, Education Song, Audiovisual, Unsur Golongan Utama
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Mar 2023 11:51
Last Modified: 01 Mar 2023 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum