REPRESENTASI PEMAKNAAN HADIS DI MEDIA SOSIAL (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MARKETING DI INSTAGRAM)

Elis Mila Rosa, NIM.: 20205032036 (2023) REPRESENTASI PEMAKNAAN HADIS DI MEDIA SOSIAL (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MARKETING DI INSTAGRAM). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI PEMAKNAAN HADIS DI MEDIA SOSIAL (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MARKETING DI INSTAGRAM))
20205032036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI PEMAKNAAN HADIS DI MEDIA SOSIAL (PENGGUNAAN HADIS UNTUK MARKETING DI INSTAGRAM))
20205032036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pemaknaan hadis yang selama ini digunakan untuk menarik kandungan hukum mengalami pergeseran fungsi sebagai alat promosi. Penyebaran hadis melalui media sosial seperti Instagram dikemas kreatif sedemikian rupa, sehingga makna dan kandungan hadis yang dipilih mendukung promosi produk dagnagan. Realitas iklan yang menggunakan hadis membuktikan pergeseran fungsinya yang masuk pada kepentingan-kepentingan tertentu baik itu secara personal atau kelompok. Pergeseran fungsi hadis yang menyesuaikan dengan kepentingan berdampak pada penyeretann makna sesuai dengan intensi pengguna. Hadis dimodifikasi menjadi dasar atau legitimasi kebutuhan pengguna yang berbeda dari pemaknaan asalnya menyebabkan distorssi makna. Distorsi makna berpengaruh terhadap citra rasa hadis di media sosial. Hadis dimodifikasi menjadi aat legitimasi untuk kepentingan ekonomi. Fungsi hadis telah bergeser dari dalil dakwah menuju legitimasi kepentingan lain. MiniGold Indonesia ialah salahsatu perusahaan yang akun resmi dan resellernya menempatkan hadis dengan fungsi yang berbeda yaitu menggunakan hadis sebagai alat promosi pada akun jualannya. Oleh karena itu, untuk menjawab hal tersebut, maka terdapat tiga rumusan masalah yang akan dijawab dalam penulisan ini, diantaranya; Hadis apa yang digunakan reseller MiniGold Indonesia dalam membuat konten iklan di Instagram? Bagaimana konsep pemaknaan reseller terhadap hadis yang digunakan untuk kepentingan iklan di Instagram reseller MiniGold Indonesia? Dan bagaimana respons terhadap pemakaian hadis untuk kepentingan iklan di Instagram MiniGold Indonesia?. Pertanyaan ini dijawab melalui proses analisis content kemudian dianalisa berdasarkan teori privatisasi dan komodifikasi agama Irwan Abdullah sehingga akan menghasilkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan penulis. Tulisan ini merupakan penulisan kualitatif dengan menggunakan jenis penulisan riset netnografi (netnography) sebagai perantara dalam mencari data yang tersedia pada dan jejak digital sekaligus kepustakaan (library research) yang mana data yang diperoleh akan dinarasakan secara deskriptif. Selain itu penulis juga melakukan penulisan melalui wawancara keberapa reseller MiniGold Indonesia. Kesimpulan dari adanya penulisan ini, Pertama, hadis yang digunakan oleh akun resmi dan reseller terbagi kedalam dua kategorisasi yakni hadis yang berkaitan dengan produk dan hadis yang tidak berkaitan dengan produk. Kedua, konsep pemaknaan reseller terhadap hadis dilihat dari cara penggunaan hadis yang mengindikasikan penempatan hadis dalam fungsi yang berbeda. Berdasarkan data, reseller menunjukkan dua kecenderungan dalam penggunaan hadis sebagai landasan tindakannya yakni penetapan fungsi hadis melalui pemaknaan dan legitimasi fungsi hadis dalam alat promosi dengan menggunakan andorsement tokoh agama. Dua kecenderungan tersebut terjadi akibat kedudukan agama pada lingkungan MiniGold mengalami privatisasi artinya kedudukan agama di MiniGold mejadi suatu hal yang private dan agama telah kehilangan peran di ruang publik. Selanjutnya dilihat dari reproduksi makna hadis dalam batas-batas ruang pemaknaan meliputi feed, caption dan sorotan. Konstruksi makna yang dipengaruhi oleh batas ruang dan terdapat tiga tipologi kecenderungan yang pakai atau gunakan oleh reseller MiniGold melalui tiga proses itu yaitu cara meresepsi, cara memprivatisasi, dan cara mengkomodifikasi. Ketiga, respons dibagi atas dua; respons internal yakni reseller teradap hadis dan respons eksternalnya customer terhadap hadis.Atas respons tersebut Reseller MiniGold menunjukan dua sikap kecenderungan yakni persuasif dan ekspresif. Sedangkan respons yang dihasilkan dari postingan konten iklan hadis dari para customer atau pelanggan MiniGold Indonesia terbagi dalam tiga tipologi yaitu kognitif, afektif dan behavioral.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurun Najwah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Privatisasi, Komodifikasi, Reseller, Instagram, MiniGold Indonesia
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Mar 2023 10:56
Last Modified: 03 Mar 2023 10:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56865

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum