EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY

Asri Rosiati Atikah, NIM.: 05430020 (2011) EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN MAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL DIY)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran matematika yang digunakan di SD Islam Terpadu (SDIT) Salsabila Al-Muthi’in dan menganalisis pelaksanaan standar isi dan standar proses pada mata pelajaran matematika di SDIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP). Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, serta siswa kelas IV SDIT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul tahun ajaran 2010/2011. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar inventori, angket dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan evaluatif model CIPP. Hasil evaluasi penerapan strategi pembelajaran matematika adalah guru membutuhkan 25 % perbaikan penerapan strategi pembelajaran matematika. Penyiapan perangkat pembelajaran sebesar 100 % termasuk dalam kategori baik sekali. ketercapaian pengelolaan bahan ajar adalah 65% yang tergolong cukup. Strategi pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru adalah sebagai berikut; Metode ceramah yang diterapkan tersebut berjalan optimal. Metode diskusi yang diterapkan berjalan kurang optimal. Metode tugas dan resitasi yang diterapkan berjalan optimal. Metode tanya jawab yang diterapkan berjalan optimal. Metode Pembelajaran Kontekstual yang diterapkan berjalan kurang optimal. Prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika menunjukkan hasil yang memuaskan. Guru membutuhkan 60 % perbaikan penerapan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Tingkat pendidikan guru sudah memenuhi standar peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Penerapan standar isi mata pelajaran matematika kelas IV sudah berjalan baik. SDIT Salsabila Al-Muthi’in tergolong kurang dalam mengarsipkan SNP. Pembuatan RPP, pengadministrasian RPP, silabus, program semester, dan program tahunan mata pelajaran matematika adalah produk dari penerapan SNP dan berjalan dengan baik. Selain siswa tuntas dalam pembelajaran matematika, SDIT Salsabila Al-Muthi’in berhasil menjadi juara 3 dalam lomba antar sekolah tingkat nasional lingkup Yayasan Salsabila

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumaryanta, M. Pd dan Suparni, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Matematika, Standar Nasional Pendidikan, Evaluasi Model CIPP
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:46
Last Modified: 13 Mar 2023 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum