KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEAD-TOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALO

Endang Yulianingsih, NIM.:06600008 (2010) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEAD-TOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEAD-TOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALO)
06600008 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED-HEAD-TOGETHER) DENGAN PEMANFAATAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALO)
06600008 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) dibanding dengan siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan menggunakan metode konvensional. (2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered- Heads-Together) dengan pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa) dibanding dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa penggunaan model pembelajaran NHT dengan pemanfaatan LKS, dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa dalam sub pokok bahasan bangun ruang (kubus dan balok) siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 361 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas I sebagai kelas eksperimen dan kelas J sebagai kelas kontrol, yang dalam tiap kelas nya berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen penelitian menggunakan validitas isi dan validitas ahli (konstruk). Teknik analisis data menggunakan uji T sampel berpasangan / dependent dan kriteria keefektifan dalam pembelajaran. Berdasarkan analisis diperoleh hasil: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT dengan menggunakan media LKS dibanding dengan metode konvensional. (2) Penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered-heads-together) dengan menggunakan media LKS lebih efektif dibanding dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Wakhid Mustofa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif; model pembelajaran NHT; LKS; hasil belajar;
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Mar 2023 11:50
Last Modified: 13 Mar 2023 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum