EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Windusari Magelang)

Kun Arifah Budiyanto, NIM.: 03430355 (2010) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Windusari Magelang). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Windusari Magelang))
03430355 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER DENGAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIIIB dan VIIIC SMP Negeri 2 Windusari Magelang))
03430355 BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang proses pembelajarannya dengan menggunakan metode learning together dengan alat peraga dan siswa yang proses pembelajarannya secara konvnsional dengan alat peraga. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 2 Windusari MAgelang tahun ajaran 2009/2010. Pada pemilihan secara undian didapat kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan soal sebelum dan sesudah tindakan. Instrumen terlebih dahulu divalidasi untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan dalam mengukur sesuatu yang hendak diukur. Analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji beda (t test) dengan uji prasyarat berupa uji normailtas, diperoleh hasil bahwa sampel berdistribusi normal, dan uji homogenitas, diperoleh hasil bahwa sampel bersifat homogen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Khurul Wardati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran konvensional; learing together; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:38
Last Modified: 14 Mar 2023 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum