PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1

Nur Chikmiati, NIM.: 06670009 (2011) PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ···.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CD PEMBELAJARAN TENTANG KLASIFIKASI ZAT UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII SEMESTER 1)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan prosedural. Penelitian ini bertujuan menyusun CD Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas VII Semester I. Kualitas CD pembelajaran IPA diketahui berdasarkan Stándar Isi. Kualitas CD pembelajaran ini berdasarkan penilaian 3 guru IPA SMP/Mts dan 10 peserta didik SMA kelas VII. Prosedur pengembangan CD pembelajaran terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. CD pembelajaran diberi masukan oleh 1 orang dosen pembimbing, 5 orang teman sejawat (peer reviewer), 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli materi. CD pembelajaran ini kemudian dinilai kualitasnya oleh 3 orang guru IPA SMP/MTs dan 10 peserta didik SMP/MTs kelas VII di Yogyakarta. Penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi 3 aspek penilaian dengan 20 indikator penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh peserta didik hanya meliputi 2 aspek dengan 10 indikator penilaian. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas CD pembelaajran. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa CD pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas baik (B) menurut penilaian guru. Kualitas CD pembelajaran yang telah disusun diperoleh skor rata-rata 74,67 dengan persentase keidealan 74,67% dan penilaian menurut peserta didik diperoleh skor rata-rata 42,22 dengan persentase keidealan 84,4 %, sehingga buku petunjuk praktikum ini dapat dikategorikan mempunyai kualitas sangat baik (SB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Esti Widyowati M. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Sumber Belajar, Media Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:46
Last Modified: 14 Mar 2023 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57094

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum