PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAYU PADA POKOK BAHASAN MATERI VIRUS

Nanda Puji Setyaningsih, NIM.: 06680001 (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAYU PADA POKOK BAHASAN MATERI VIRUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAYU PADA POKOK BAHASAN MATERI VIRUS)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TEAM-GAMETOURNAMENT TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TAYU PADA POKOK BAHASAN MATERI VIRUS)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran penggunaan model cooperative learning tipe Team-Game-Tournament terhadap minat dan prestasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tayu tahun ajaran 2010/2011 pada materi virus. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment atau eksperimen semu dengan desain non-randomized posttest control group. Variabel penelitian terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran dengan menggunakan model team-game-tournament dan variabel terikat berupa minat dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMA Negeri 1 Tayu. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas XB sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar angker minat belajar. Analisis data minat belajar siswa menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase dan analisis prestasi belajar siswa menggunkan uji t berpasangan. Berdasarkan hasil analisis deskriptif angket minat belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan rata-rata tiap aspek. Hal ini berarti pembelajaran dengan menggunakan kooperatif learning dengan model team-game-tournament berpengaruh terhadap minat belajar siswa, karena rata-rata minat belajar biologi siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Analisis hasil prestasi belajar siswa setelah dilakukan pengujian statistik dengan uji t menghasilkan p= 0,043< 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunkan model team-game-tournament berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si
Uncontrolled Keywords: Team-Game-Tournament, Minat Belajar, Prestasi Belajar Siswa, Cooperative Learning
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:01
Last Modified: 14 Mar 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57099

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum