PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MANDIRI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI VIRUS SMA KELAS X

Sundari Hersaputri Wahyuningtyas B, NIM.: 06680024 (2011) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MANDIRI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI VIRUS SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MANDIRI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI VIRUS SMA KELAS X)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI MANDIRI BERBASIS ADOBE FLASH PADA MATERI VIRUS SMA KELAS X)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran biologi mandiri berbasis adobe flash pada materi virus SMA kelas X, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran biologi mandiri berbasis adobe flash yang dikembangkan berdasarkan penilaian oleh reviewer, guru biologi SMA, dan siswa SMA kelas X. Penilaian reviewer ditinjau dari beberapa aspek yaitu (1) aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep, (2) aspek kebahasaaan dan kejelasan kalimat, (3) Aspek keterlaksanaan, (4) aspektampilan animasi, (5) aspek kemudahan penggunaan. Penilaian oleh guru sma ditinjau dari 4 aspek yaitu (1) aspek pembelajaran, (2) aspek isi/materi, (3) aspek tampilan, dan (4) aspek teknis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model dari Borg & Gall. Pengembangan media pembelajaran biologi mandiri dengan menggunakan model Borg & Gall dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: analisis produk awal, mengembangkan produk awal, validasi dan revisi, uji skala kecil dan uji skala besar. Media yang dikembangkan memuat materi virus dengan sub materi sejarah penemuan virus, ciri-ciri virus, struktur virus, virus pemakan bakteri, reproduksi virus, dan peran virus dalam kehidupan. Penelitian pengembangan ini dibimbing langsung oleh dosen pembimbing dan mendapatkan saran dari peer reviewer dan reviewer. Penilaian kualitas media oleh 2 orang reviewer yang dilakukan dengan mengisi lembar chek list yang terdiri dari 5 aspek penilaian dengan 18 kriteria. Perhitungan dan penentuan kriteria kualitas media tersebut menggunakan skala Likert dengan mengacu pada kriteria penilaian ideal, menghasilkan skor rata-rata pada tampilan pendahuluan 47,5 dari skor maksimal 55, persentase keidealan 86,36% dengan kualitas sangat baik, pada tampilan penyajian menghasilkan skor rata-rata 70,5 dari skor maksimal ideal 85, persentase keidealan 82,94 dengan kualitas sangat baik, dan pada tampilan penutup menghasilkan skor rata-rata 62 dari skor maksimal ideal 70, persentase keidealan 88,57% dengan kualitas sangat baik. Penilaian oleh guru SMA menghasilkan 138 dari skor maksimal ideal 175 dengan persentase keidealan 78,85% dengan kategori baik. Berdasarkan penilaian oleh 20 orang siswa menghasilkan rata-rata 140,4 dari skor maksimal ideal 175 dengan persentase keidealan 80,22% dengan kategori sangat baik, sehingga berdasarkan penialain dari reviewer, guru, dan siswa SMA media pembelajaran biologi mandiri layak untuk dijadikan sumber belajar penunjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Yuni Wibowo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Adobe Flash, Pembelajaran Virus
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 09:07
Last Modified: 14 Mar 2023 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum