EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON MATHEMATICS (HOM) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BAHARI KAWUNGANTEN

Lailatul Munawaroh, NIM.: 06600020 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON MATHEMATICS (HOM) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BAHARI KAWUNGANTEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON MATHEMATICS (HOM) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BAHARI KAWUNGANTEN)
06600020 BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE HANDS ON MATHEMATICS (HOM) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP BAHARI KAWUNGANTEN)
06600020 BAB II SMAPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga dibandingan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga dan variabel terikat berupa hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bahari Kawunganten sebanyak 3 kelas terdiri dari 145 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara sample random sampling, dengan catatan yang di acak adalah kelasnya. Dipilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic nonparametrik yaitu Mann Whitney U-test. Dari hasil posttest didapatkan rerata skor posttest kelas eksperimen sebesar 5,62 dan rerata skor posttest kelas kontrol sebesar 4,59. Berdasarkan analisis diperoleh pembelajaran kooperatif tipe Hands on Mathematics menggunakan alat peraga lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika (besar nilai (sig.) 0,000 <

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sumaryanta, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran efektif; hands on mathematics; alat peraga; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 08:50
Last Modified: 14 Mar 2023 09:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57105

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum