PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII D DAN VIII F SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Nurul Mawaddah, NIM.: 06690017 (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII D DAN VIII F SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII D DAN VIII F SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII D DAN VIII F SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar fisika kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Variabel penelitian terdiri dari 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa strategi inkuiri terbimbing dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 310 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest dan soal posttest serta lembar observasi siswa. Teknik analisa data menggunakan uji t pada aspek kognitif sedangkan ranah afektif dan ranah psikomotorik dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil perhitungan diperoleh (1) hasil belajar kognitif (dari hasil posttest) diperoleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Quasi Eksperiment, Strategi Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Fisika.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:17
Last Modified: 14 Mar 2023 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum