EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING

Suciati Susilowati, NIM.: 06600012 (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING)
06600012 - BAB I DAN PENUTUP.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 1 GAMPING)
06600012 - BAB II SAMPAI BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menelaah efektivitas pembelajaran matematika menggunakan metode cooperative script dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping tahun ajaran 2010/2011 pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonrandomaized control group pretest-posttest. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe cooperative script dan variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 141 siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping yang terbagi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya yang sebelumya dilakukan uji prasyarat yaitu uji homogenitas dan normalitas serta uji kesamaan rata-rata keempat kelas dengan uji ANOVA dan hasilnya ke empat kelas tersebut homogen, normal dan tidak ada perbedaan signifikan rata-rata. Diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes. Lembar observasi dan gambar digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan dari pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran cooperative script. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Gamping pada pokok bahasan pemfaktoran bentuk aljabar. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian pada tabel Independent Samples Test bahwa Thitung > Ttabel yaitu 2,317 > 1,995 serta diketahui signifikansinya (Sig.) sebesar 0,024 < 0,050.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Much Abrori, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: aljabar; cooperative script; hasil belajar siswa
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Mar 2023 14:44
Last Modified: 14 Mar 2023 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57133

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum