EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI MADRASAH INKLUSI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011

Erna Nuryanti, NIM.: 07670001 (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI MADRASAH INKLUSI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI MADRASAH INKLUSI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA DI MADRASAH INKLUSI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pembelajaran kimia di madrasah inklusi, (2) mengetahui cara adaptasi antara pendidik dengan peserta didik tunanetra, (3) mengetahui efektivitas penyampaian materi kimia di madrasah inklusi, dan (4) mengetahui dampak dan kendala penerapan pendidikan inklusi di MAN Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus mendalam. Kasus yang diteliti adalah efektivitas pembelajaran kimia di madrasah inklusi. Lokasi yang dijadikan tempat penelitian adalah MAN Maguwoharjo Sleman. Hal-hal yang akan diteliti diantaranya latar belakang dan tujuan pendidikan inklusi, pembelajaran kimia di kelas maupun praktikum, dampak dan kendala penerapan pendidikan inklusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan analisis dokumen yang terkait. MAN Maguwoharjo Sleman merupakan sekolah inklusi yang ada di Yogyakarta yang awal pendirian memang sudah dimaksudkan untuk menjadi sekolah inklusi. Tujuan dari penerapan pendidikan inklusi di MAN Maguwoharjo adalah untuk memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik tunanetra dan menyamakan derajat antara peserta didik tunanetra dan yang tidak tunanetra. Sedangkan, untuk pembelajaran kimia diberikan dengan metode yang hampir sama dengan metode untuk peserta didik tidak tunanetra. Pendidik telah berusaha untuk menyampaikan materi semaksimal mungkin walaupun belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik tunanetra. Dampak penerapan pendidikan inklusi bagi peserta didik tunanetra adalah mereka merasa mendapatkan hak untuk memperoleh pendidikan yang layak dan perhatian yang lebih. Bagi pendidik sendiri memberikan pengalaman tersendiri dan termotivasi untuk meningkatkan keahlian dalam mengajar peserta didik tunanetra. Selain itu, kendala yang dihadapi adalah biaya, sarana prasarana, waktu, dan kesiapan pendidik dalam mengajar peserta didik tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kimia, Pendidikan Inklusi, Sekolah Inklusi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:17
Last Modified: 15 Mar 2023 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum