ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011

Ifadatul Kirom, NIM.: 07670005 (2011) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL KIMIA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI MA IBNUL QOYYIM PUTRI KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2010/2011)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR··.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia bentuk uraian, pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan di MA Ibnul Qoyyim Putri Berbah, Sleman pada kelas XI semester genap. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia bentuk uraian, ditinjau berdasarkan aspek materinya dan berdasarkan aspek kognitif paling dominan yang tidak mampu diselesaikan oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah 18 peserta didik. Data yang kumpulkan berupa hasil penyelesaian dari peserta didik dalam menyelesaikan soal kimia. Soal kimia yang dibuat berbentuk uraian obyektif. Instrumen yang digunakan berupa soal dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa ujian/tes. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tinjauan aspek materi, tingkat kesulitan peserta didik paling tinggi berturut-turut adalah untuk materi (1) Pengaruh pH terhadap kelarutan persentase tingkat kesulitan sebesar 13,89%; (2) Reaksi pengendapan dengan persentase tingkat kesulitan 35,18; (3) Pengaruh ion senama terhadap kelarutan dengan tingkat kesulitan 38,88%; dan (4) Kelarutan dan hasil kali kelarutan tingkat kesulitannya sebesar 51.33%. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek kognitif C1, C2, C3, dan C4. Aspek kognitif yang paling dominan dengan tingkat kesulitan paling tinggi tidak dapat diselesaikan adalah aspek kognitif C4 yakni tingkat kesulitan sebesar 12,55 % yang berarti sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, M.A.
Uncontrolled Keywords: Ilmu Kimia, Kesulitan Belajar, Instrumen Penilaian, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:24
Last Modified: 15 Mar 2023 09:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum