PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA DAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DAN SMA

Indah Mustikasari, NIM.: 07670027 (2011) PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA DAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DAN SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA DAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DAN SMA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN CD ANIMASI PENGENALAN LABORATORIUM KIMIA DAN PROSEDUR KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) UNTUK PESERTA DIDIK SMP DAN SMA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa CD Animasi pengenalan laboratorium kimia dan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) untuk peserta didik SMP dan SMA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan prosedural. Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Subyek penilai kualitas CD animasi ini meliputi 3 orang pendidik kimia SMA/MA, 2 orang pendidik kimia SMP dan 10 orang peserta didik SMA di Yogyakarta yang sebelumnya dilakukan peninjauan oleh ahli materi, ahli media, dan peer reviewer (teman sejawat). Instrumen yang digunakan meliputi angket penilaian kualitas media pembelajaran untuk pendidik dan angket respon peserta didik terhadap media pembelajaran kuis interaktif. Penilaian yang dilakukan meliputi 6 aspek penilaian yaitu, aspek kebenaran, keluasan, dan kedalaman konsep, aspek kebahasaan, aspek keterlaksanaan, aspek tampilan gambar, aspek tampilan suara, dan aspek kemudahan penggunaan. Hasil penilaian pendidik kimia dan respon dari peserta didik menunjukkan bahwa CD animasi yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB). Dari hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa CD animasi layak dan dapat digunakan sebagai media peyampaian tentang laboratorium kimia dan prosedur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal, M.Si. dan Nina Hamidah, S.Si, MA
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, CD Animasi, Pengenalan Laboratorium Kimia, Prosedur Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, K3
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Mar 2023 11:31
Last Modified: 15 Mar 2023 11:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum