PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH IBNUL QOY

Maryati, NIM.: 07680018 (2011) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH IBNUL QOY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH IBNUL QOY)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY (ICT) PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SEMESTER II MADRASAH ALIYAH IBNUL QOY)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) partisipasi belajar siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dalam pembelajaran biologi pada materi Pencemaran Lingkungan kelas X MA Ibnul Qoyyim Putri Tahun Ajaran 2010/2011. (2) pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MA Ibnul Qoyyim Putri pada materi Pencemaran Lingkungan Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian yang dilakukan adalah penellitian kolaboratif yang menggabungkan metode penelitian Quasy Eksperimen (Eksperimen semu) tipe Nonequivalen Control Group Design dan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MA Ibnul Qoyyim Putri dan diambil sampel 2 kelas, yaitu kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X B sebagai kelas kontrol. Media berbasis ICT yang digunakan berupa Power Point Presentation (PPT) dan video. Pengumpulan data menggunakan soal pre-test, post-test, dan lembar observasi. Validasi instrumen yang digunakan yaitu validasi isi, logis, dan empiris. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t-test untuk data hasil belajar dan secara deskriptif untuk data partisipasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif terhadap partisipasi belajar siswa yang menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT, ditunjukkan dengan nilai median kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (30 > 22,5). (2) terdapat pengaruh terhadap hasil belajar biologi pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis ICT dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dibuktikan dengan hasil uji t-test dengan sig. (2-tailed) yaitu 0,003 < taraf signifikansi (0,01).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Information and Communication Technology (ICT), Media Power Point Presentation (PPT) dan video, Partisipasi, Hasil Belajar.
Subjects: Lingkungan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 08:23
Last Modified: 16 Mar 2023 08:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum