PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK KELAS X SEMESTER I SMA/MA

Mutrofingatun Sa’adah, NIM.: 07680041 (2011) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK KELAS X SEMESTER I SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK KELAS X SEMESTER I SMA/MA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI POKOK FUNGI (JAMUR) BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) UNTUK KELAS X SEMESTER I SMA/MA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) materi pokok Fungi (Jamur) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas X semester I SMA/MA yang dapat dipakai sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh peserta didik sebagai bahan atau media belajar, serta mengetahui kualitas LKS materi pokok Fungi (Jamur) berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk kelas X semester I SMA/MA yang memenuhi kriteria LKS yang berkualitas menurut penilaian guru biologi dan peserta didik SMA/MA. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan LKS terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Draft LKS diberi masukan oleh 1 dosen ahli media, 1 dosen ahli materi, 1 ahli bahasa dan 3 orang peer reviewer, kualitas LKS dinilai melalui uji coba terbatas kepada 2 orang guru biologi dan 10 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Data nilai kualitas yang diperoleh berupa data kualitatif diolah menjadi skor. Skor tersebut kemudian dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. LKS materi pokok Fungi (Jamur) disusun menggunakan 5 tahapan pengembangan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Hasil penilaian LKS materi Pokok Fungi (Jamur) memenuhi kriteria kualitas. Kualitas LKS yang telah disusun berdasarkan penilaian 2 orang guru biologi dan 10 orang peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta cenderung sangat baik (SB), sehingga layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi sekaligus dapat dipakai oleh peserta didik sebagai bahan atau media belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Penelitian Pengembangan, Pembelajaran Biologi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:36
Last Modified: 16 Mar 2023 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57187

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum