APLIKASI MIND MAPPING DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II SMA 8 YOGYAKARTA )

Uswatun Navisah Hapsari, NIM.: 07680044 (2011) APLIKASI MIND MAPPING DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II SMA 8 YOGYAKARTA ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI MIND MAPPING DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II SMA 8 YOGYAKARTA ))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI MIND MAPPING DISERTAI MEMBUAT RINGKASAN BERFORMAT MINI MAGZ UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA MATERI POKOK EKOSISTEM ( STUDI KASUS SISWA KELAS X SEMESTER II SMA 8 YOGYAKARTA ))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz terhadap peningkatan pemahaman konsep biologi pada materi pokok ekosistem serta tanggapan siswa kelas X semester II SMA N 8 Yogyakarta terhadap penggunaan metode. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kolaborasi (kuantitatif dan kualitatif). Jenis penelitian kuantitatif yang digunakan adalah Quasi eksperimen dengan desain Posttest Only Control untuk mencari data pemahaman konsep. Sedangkan desain penelitian kualitatif digunakan untuk mencari data tanggapan siswa. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara random, yaitu kelas XB sebagai kelas kontrol dan kelas XF sebagai kelas eksperimen. Data penelitian berupa pemahaman konsep kognitif siswa dianalisis dengan menggunakan t-Test (uji-t) dan data tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan (p < 0,05) terhadap pemahaman konsep siswa dengan menerapkan metode mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz pada materi pokok ekosistem. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dengan hasil uji-t, dengan nilai p = 0,03. (2) Tanggapan siswa terhadap metode mind mapping disertai membuat ringkasan berformat mini magz termasuk dalam kategori yang positif dengan skala persentase 68,2 %

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Runtut Prih Utami, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Biologi, Metode Mind Map, Pembelajaran Konvensional
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 09:41
Last Modified: 16 Mar 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum