PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI BUNYI DI MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO

Rina Endang Sulistiowati, NIM.: 07690024 (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI BUNYI DI MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI BUNYI DI MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA PADA MATERI BUNYI DI MTs NEGERI SAMPUNG PONOROGO)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika siswa. Media komik yang digunakan dalam penelitian ini adalah media stimulasi komik fisika pokok bahasan materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Sampung kabupaten Ponorogo. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, yakni siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tindakan dan instrumen pengumpulan data. Instrumen tindakan terdiri dari silabus, RPP, media komik fisika materi bunyi, lembar materi diskusi kelompok, lembar observer, dan angket penilaian komik. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar dan tes pemahaman konsep fisika siswa. Hasil pengumpulan data di analisa dengan menggunakan uji Anava Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa 75,94% meningkat. (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Akan tetapi berdasarkan nilai posttest 91,43% siswa dinyatakan sesuai standar kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran dan berdasarkan pendekatan Certainty of Response Index (CRI) 72,57% siswa dinyatakan paham terhadap konsep fisika. (3) terdapat interaksi aktivitas belajar dan pemahaman konsep fisika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Thoqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Ika Kartika, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan Media Komik, Aktivitas Belajar, Pemahaman Konsep Fisika, CRI (Certainty of Response Index)
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 10:10
Last Modified: 16 Mar 2023 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum