HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI

Anton Prasetyo, NIM.: 07140017 (2011) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ··.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN NILAI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA N 1 WURYANTORO WONOGIRI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR·.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro, dan jika ada hubungan seberapa besar hubungan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Wuryantoro yang berjumlah 221 siswa. Pengambilan sampel secara simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 69 responden Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independen (pemanfaatan perpustakaan) dan variabel dependen (nilai prestasi belajar siswa).. Metode analisis yang digunakan dengan teknik analisis korelasi. Data diolah dengan menggunakan software SPSS version 17 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan SMA N 1 Wuryantoro secara keseluruhan termasuk dalam kategori tinggi, dengan nilai grand mean sebesar 3,08. Selanjutnya ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro. Dari hasil korelasi bahwa besarnya koefisien korelasi (r) antara variabel pemanfaataan perpustakaan (X) dan nilai prestasi belajar siswa (Y) adalah sebesar 0,502. Karena r hitung lebih besar dari r tabel (0,502>0,235), maka korelasi dikatakan signifikan. Dari hasil uji hipotesis tersebut Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan dan nilai prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wuryantoro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Tafrikhuddin, S.Ag., M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Perpustakaan > Perpustakaan Sekolah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Mar 2023 14:46
Last Modified: 16 Mar 2023 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum