KONTROVERSI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ YUSUF MANSUR TENTANG SEDEKAH DI MEDIA YOUTUBE

Yosieana Duli Deslima, NIM.: 19202010015 (2023) KONTROVERSI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ YUSUF MANSUR TENTANG SEDEKAH DI MEDIA YOUTUBE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTROVERSI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ YUSUF MANSUR TENTANG SEDEKAH DI MEDIA YOUTUBE)
19202010015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTROVERSI KOMUNIKASI DAKWAH USTADZ YUSUF MANSUR TENTANG SEDEKAH DI MEDIA YOUTUBE)
19202010015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dari masa ke masa dakwah mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan, terutama dakwah di media sosial. Mereka memanfaatkan media sosial tersebut untuk berdakwah secara lisan maupun tulisan. Dakwah di media sosial ini terasa sangat efektif. Salah satu Ustadz terkenal di Indonesia yang memiliki jutaan followers dalam setiap akun resminya adalah Ustadz Yusuf Mansur. Ustadz Yusuf Mansur sebagai seorang pendakwah dengan materi sedekahnya telah membuat makna sedekah yang sederhana menjadi sesuatu yang menakjubkan Namun, dibalik kesuksesan gaya komunikasi dakwah ustadz Yusuf Mansur tentang sedekah tersebut menuai pro dan kontra di masyarakat. Ternyata pesan dakwah ustadz Yusuf Mansur menimbulkan kontroversi. Cara ustadz Yusuf Mansur mengajak para jamaahnya untuk bersedekah dinilai kurang tepat. Sebab, beliau mengajak masyarakat bersedekah dengan cara yang terkesan menodong atau memaksa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi dakwah yang dilakukan ustadz Yusuf Mansur dalam setiap media sosialnya dan bentuk-bentuk apa saja kontroversi yang dilakukannya. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan meneliti data berupa konten video ceramah ustadz Yusuf Mansur yang viral di YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dakwah ustadz Yusuf Mansur pada setiap media sosial yang dimiliki yaitu twitter, youtube, instagram dan facebook merupakan bentuk komunikasi dua arah. Terjadi timbal balik (feedback) pada setiap postingannya di media sosial. Dengan melihat beragam komentar, suka dan bagikan yang diberikan pada postingan tersebut. Kontroversi yang terjadi pada komunikasi dakwah Ustadz Yusuf Mansur termasuk pada kontroversi sosial dengan bentuk kontroversi yang umum. Ini dapat dilihat dari penolakan, pertentangan, dan perdebatan yang terjadi di masyarakat. Ini dikarenakan perkataan ustadz Yusuf Mansur dan caranya meminta sedekah kepada jamaah yang terkesan memaksa. Bukti-bukti tersebut dapat dilihat pada komentar-komentar yang ditinggalkan penonton di kolom video yang menimbulkan komentar pro, komentar kontra, komentar netral dan komentral sindiran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: dakwah comunnication; controversy; Yusuf Mansur; youtube
Subjects: Penyiaran Islam
Dakwah > Media Dakwah
Media Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Mar 2023 09:42
Last Modified: 17 Mar 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57248

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum